Bantu Brand Lokal, Ridwan Kamil Desainkan 22 Produk di Tanah Air

Ridwan Kamil selama ini memang punya keahlian mendesain

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan tengah berkolaborasi dengan sekitar 22 produk lokal untuk memproduksi sebuah karya spesial. Produk lokal yang terlibat tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Emil menuturkan, kolaborasi itu tak sekedar omong kosong. Sebab, dia secara langsung bakal ikut corat-coret desain tiap produk.

"Ini peristiwa pertama di Indonesia di mana endorse seorang pejabat, mengendorse-nya itu bukan mempromosikan langsung. Tapi terlibat dalam proses produksi. Nanti ada produk lokal yang didesain khusus oleh Ridwan Kamil. Total ada 22 brand yang merasa punya chemistry sama saya," kata Emil, Senin (8/3/2021).

1. Gerakan ini bernama #inilokalinikolaborasi

Bantu Brand Lokal, Ridwan Kamil Desainkan 22 Produk di Tanah AirDok. Humas Jabar

Gerakan yang dinamai #inilokalinikolaborasi tersebut, kata Emil, tak hanya sekedar ingin membantu pengusaha lokal yang sempat terpuruk karena pandemik COVID-19. Ia ingin mencoba gagasan baru dengan ikut serta mendesain serta memasarkannya.

"Karena sifatnya khusus, ternyata yang mau bukan hanya Jabar tapi saya membuka diri ada dari Jabar, Jateng, Jatim. Kami berharap ini menjadi contoh bagaimana pemimpin menolongnya dengan cara unik tidak harus bersifat (memberi) modal. Bedanya saya punya basic desain karena berlatar belakang arsitek. Sehingga brand juga punya semangat yang klik," tuturnya.

2. Lelang bersama selebriti

Bantu Brand Lokal, Ridwan Kamil Desainkan 22 Produk di Tanah AirGoogle

Saat ini proses kolaborasi baru tahap finalisasi desain akhir menjelang produksi, dan akan diluncurkan dalam waktu dekat. Selain ikut mendesain, ia juga ingin total dalam proses pemasaran. Dengan harapan, produk bisa dijual dengan harga tinggi dan memberi dampak positif bagi pelaku usaha industri lokal.

Rencananya, produk tersebut akan diluncurkan bersama selebritis dengan konsep lelang. "Jadi nanti semua teknik marketing akan kita maksimalkan baik postingan dari saya, ada pemengaruh, selebriti yang mau di-launching dalam bentuk lelang," kata dia.

3. Desain produk mengusung tema dwi warna

Bantu Brand Lokal, Ridwan Kamil Desainkan 22 Produk di Tanah AirPlimbi.com

Sedikit bocoran, sambung Emil, produk yang ia desain mengusung tema dwi warna atau duo tone dengan balutan aksen batik mega mendung. Ia memastikan, produk yang dibuat punya kualitas baik.

"Yang buat saya terharu produknya keren-keren, luar biasa, bukan kaleng-kaleng. Prosesnya seru, itu dunia saya. Waktu saya dosen, proses mengkritisi dan diskusi itu bagian dari menyempurnakan produk. Jadi saya senang karena mengingatkan saya kepada jati diri saya sebagai desainer," tambah Emil.

Ia pun berharap gerakan yang ia gagas bisa membantu pemulihan ekonomi akibat pandemi. Ia meyakini, kualitas produk lokal bisa bersaing dengan produk mancanegara.

4. Bersatu membangun local brand

Bantu Brand Lokal, Ridwan Kamil Desainkan 22 Produk di Tanah AirIDN Times/Istimewa

Tri Ambodo dari brand jaket asal Malang Jawa Timur, Harimau Supply, mengatakan, kolaborasi ini sangat menantang dan unik. Ia berharap kolaborasi ini bisa membangkitkan rasa bangga masyarakat terhadap produk lokal. Untuk edisi kolaborasi dengan Ridwan Kamil, Harimau Supply akan menyajikan konsep tak biasa.

"Ini kolaborasi paling seru karena ada beberapa kolaborator local brand yang juga ikut meramaikan kolaborasi ini, yang biasanya kami bersaing sekarang kami bekerja sama untuk saling membangun local brand," kata Tri.

Decky Sastra pemilik dari Rawtype Riot Bandung menuturkan, kolaborasi dengan Ridwan Kamil diharapkan mampu menjadi purwarupa untuk merangsang tumbuhnya merek lokal yang punya daya saing.

"Harapan saya, ke depannya lahir merek lokal kelas internasional yang di support oleh segmentasi lokal maupun internasional. Mungkin di project pertama ini Pak RK bisa menjadi prototipe agar merangsang tumbuhnya merek lokal di Indonesia yang mempunyai potensi bersaing dengan merek internasional," jelasnya.

Baca Juga: Harga Fashion Gibran Saat Blusukan, Pakai Brand Lokal dan Luar Negeri

Baca Juga: Ajakan Jokowi: Cintai Produk Dalam Negeri, Benci Produk Asing!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya