Comscore Tracker

352 Pegawai Pabrik Epson di Bekasi yang Terpapar Sudah Jalani Isolasi 

Klaster industri paling banyak ada di Kabupaten Bekasi

Bandung, IDN Times - Sekretaris Gugus Tugas Jabar Daud Achmad mengatakan, klaster pabrik printer Epson, di Cikarang, Kabupaten Bekasi sebenarnya sudah dari lama. Penemuan ini berawal dari adanya sejumlah pegawai pabrik lain yang juga ikut terdata hasil pelacakan di kawasan industri.

"Epson itu sudah ada tapi, masih terus tracing. Awalnya sekitar 150-an dan sekarang finalnya 350-an," ujar Daud kepada wartawan di Mapolda Jabar, Senin (21/9/2020).

Atas ttemuan kasus positif COVID-19 tersebut, Daud memastikan pihak perusahaan sudah melakukan sejumlah standar operasional (SOP). "Artinya mereka sudah juga melakukan isolasi," papar Daud.

1. Masyarakat harus patuh dalam pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19

352 Pegawai Pabrik Epson di Bekasi yang Terpapar Sudah Jalani Isolasi Ilustrasi masker yang digunakan oleh lanjut usia (IDN Times/Vanny El-Rahman)

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, setiap gugus tugas di kabupaten/kota perlu memberikan sosialisasi yang jelas dan berkelanjutan kepada masyarakat agar lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sehari-hari.

Karena, berdasarkan hasil survei daerah-daerah yang menunjukkan peningkatan adanya penyebaran virus corona adalah wilayah-wilayah yang mobilitas masyarakatnya tinggi.

"Karena kami memegang kami berkerja sama dengan suatu perusahaan di dilihat daerah mana, kecamatan mana, lembur mana, yang paling tinggi di dilihat dari mobilitas masyarakatnya," katanya.

Menurut Uu, salah satu solusinya kepada mereka yang tidak terlalu penting untuk ke luar rumah diusahakan jangan. Jika memang harus ke luar rumah maka sebaiknya bisa menggunakan masker yang sesuai arahan WHO.

2. Klaster ini sudah terdeteksi beberapa waktu terakhir

352 Pegawai Pabrik Epson di Bekasi yang Terpapar Sudah Jalani Isolasi Buruh pabrik di Cikupa Tangerang. ANTARA FOTO/Fauzan

Klaster pabrik yang menjadi penyebaran kasus COVID-19 di Jawa Barat terus bertambah. Di Cikarang, Kabupaten Bekasi, terdapat sekitar 352 pegawai pabrik PT Indonesia Epson Industry yang positif terpapar virus corona.

Hal ini dibenarkan Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah. Menurutnya, total kasus ini berawal di mana ada 26 karyawan yang positif hasil tes swab.

Kemudian dilakukan pelacakan dan didapatlah total 352 pegawai yang juga terpapar virus ini. "Iyah (datanya betu). Terdeteksi mulai 6 September," ujar Alamsyah, Senin (21/9/2020).

Data ini, lanjut Alamsyah berdasarkan hasil pemeriksaan terakhir apda 19 September. Artinya angka tersebut bisa kembali bertambah.

Pekan kemarin, Alamsyah menjelaskan bahwa pengawasan karyawan di pabrik atau industri telah dilakukan oleh satuan tugas di masing-masing perusahaan yang kemudian dilaporkan hingga ke tingkat kabupaten.

"Perusahaan harus mengawasi aktivitas pekerja, baik saat bekerja maupun aktivitas di luar perusahaan. Mereka harus mengawasi pekerja dari kantor hingga keluar kantor," kata dia dikutip dari Antara.

3. Klaster industri paling banyak menyumbang data COVID-19 di kabupaten Bekasi

352 Pegawai Pabrik Epson di Bekasi yang Terpapar Sudah Jalani Isolasi pexels.com

Alamsyah menyebut klaster industri turut menyumbang kasus dalam jumlah besar. Berdasarkan catatan GTPP sebanyak 41 pabrik telah melaporkan adanya kasus COVID-19. Dari jumlah tersebut ada 608 karyawan yang terkonfirmasi positif.

Puluhan perusahaan yang melaporkan kasus COVID-19 itu berada di sejumlah kawasan industri di antaranya MM2100 di Kecamatan Cikarang Barat, Deltamas di Cikarang Pusat, dan Jababeka di Cikarang Utara.

"Jumlah tersebut kemungkinan bertambah karena tracing (penelusuran) terus dilakukan. Setiap perusahaan harus benar-benar menerapkan sosial distancing dan physical distancing di area kerja hingga ke kantin maupun tempat ibadah," katanya.

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya