Serem! Puluhan Ular 'Teror' Warga Kota Cimahi

Puluhan ular masuk ke pemukiman warga di Cimahi

Cimahi, IDN Times - Puluhan ular berbagai jenis 'meneror' warga Kota Cimahi tahun ini. Ular-ular tersebut keluar dari habitatnya dan masuk ke pemukiman warga, hingga akhirnya dievakuasi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Damkar pada Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi Aep Mulyana mengatakan, jumlah ular yang merangsek ke pemukiman tahun ini mengalami peningkatan, khususnya ketika masuk kemarau panjang. Berdasarkan laporan penanganan, tercatat ada 80 ekor ular yang berhasil diselamatkan Damkar Kota Cimahi.

"Untuk laporan hingga Oktober ini tercatat sudah ada 80 ekor ular yang berhasil kami evakuasi. Ular-ular itu masuk ke pemukiman warga," kata Aep saat dihubungi IDN Times, Sabtu (28/10/2023).

1. Puluhan ular yang dievakuasi itu diserahkan ke komunitas

Serem! Puluhan Ular 'Teror' Warga Kota Cimahi(Dok/Damkar Kota Cimahi)

Puluhan ekor reptil tersebut masuk ke pemukiman, bahkan rumah warga. Aep mengatakan, ular-ular yang berhasil diselamatkan dari pemukiman warga itu tidak dipelihara oleh mereka, tapi biasanya diserahkan ke komunitas pecinta reptil dan sebagainya.

Namun ada juga ular yang biasanya digunakan untuk objek pelatihan bagi personel Damkar Kota Cimahi. Sebab, kata Aep, tentunya petugas harus memiliki kemampuan untuk menangkap ular-ulat tersebut dengan dilengkapi alat pelindung diri (APD).

"Tahun ini banyak rescue ular yang masuk ke kawasan pemukiman warga. Ular-ular yang kita tangkap biasanya diserahkan ke komunitas," ucap Aep.

2. Penyebab ular banyak masuk ke pemukiman warga

Serem! Puluhan Ular 'Teror' Warga Kota CimahiDok. Damkar Kota Cimahi

Menurut Aep, banyaknya ular yang masuk ke pemukiman warga dikarenakan habitatnya mulai terganggu. Sehingga ular tersebut keluar dari habitatnya untuk mencari makan dan sebagainya. Dia meminta agar warga tetap waspada.

"Indikasi ular liar karena cuaca yang panas, kemarau panjang otomatis bahan makanan habitatnya berkurang sehingga keluar dan masuk pemukiman warga," kata dia.

3. Damkar evakuasi ular selanjang 3,5 meter

Serem! Puluhan Ular 'Teror' Warga Kota Cimahi(Dok/Damkar Kota Cimahi)

Terbaru, personel Damkar Kota Cimahi berhasil mengevakuasi ular jenis sanca
ukuran panjang 3,5 meter dan berdiameter 15 cm serta berat mencapai 3 kilogram di Jalan Haji Haris, RT 05/11, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat pada Jumat (28/10/2023) malam. Ular itu kemudian ditangani Damkar Kota Cimahi.

Aep besar tersebut pertama kali dilihat seorang pengendara yang sedang melintas di sekitar TPU Baros. "Jadi ketika ada warga yang sedang berkendara motor melintasi TPU Baros melihat ular sangat besar menghalangi jalan," ujar Aep.

Ular tersebut kemudian mencoba masuk ke dalam lubang yang ditunbuhi pohon bambu. Kemunculan ular besar itu membuat geger warga sekitar yang kemudian mencoba menangkapnya namun gagal karena masuk ke dalam tumpukan pohon bambu.

"Ular mencoba masuk ke dalam pohon bambu, kemudian pengendara melaporkan ke Pak RT dan warga setempat untuk menangkap ular tersebut dan melaporkan ke Pemadam Kebakaran Kota Cimahi via hotline," ujar Aep.

Personel Damkar yang tiba di lokasi sekitar pukul 22.05 WIB langsung mencoba mengevakuasi ulat tersebut menggunakan peralatan seperti grabstick dan alat pelindung diri. Proses evakuasi ular sanca itu berlangsung alot dan dramatis.

Pasalnya, ular besar itu masuk ke dalam lubang dan melilih ke pohon bambu yang membuat petugas kesulitan untuk mengeluarkannya. Ular sanca itu akhirnya bisa dievakuasi dengan upaya selama dua jam.

"Ular masuk ke dalam lubang yang melilit akar pohon bambu sehingga kesulitan untuk di keluarkan. Akhirnya sekitar pukul 00.23 WIB baru bisa dievakuasi," ujar Aep.

Baca Juga: Gudang Surabi Legendaris di Kota Cimahi Ludes Terbakar

Baca Juga: Tiga Gudang dekat SPBU di Kota Cimahi Ludes Terbakar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya