Pj Bupati KBB Diumumkan, Hengky Kurniawan: Doakan Saja

Hengky Kurniawan minta semua pihak dukung Pj Bupati KBB

Bandung Barat, IDN Times - Direktur Perencanaan Anggaran Daerah, Direktorat Jenderal Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Arsan Latif ditunjuk menjadi Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat.

Dia akan mengisi posisi Hengky Kurniawan yang akan lengser dari posisinya sebagai Bupati Bandung Barat 20 September mendatang. Arsan bakal dilantik Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin bersama sejumlah Pj lainnya di Jawa Barat.

Menanggapi penunjukan Arsan Latif sebagai penggantinya, Hengky Kurniawan mengatakan semua pihak harus mendukungnya meskipun nama yang muncul bukan usulan dari DPRD KBB maupun Pemprov Jabar.

"Siapapun yang menjadi Pj Bupati apakah usulan Gubernur atau Mendagri saya harap semua pihak mendukung dan mendoakan dan gotong royong untuk Bandung barat. Karena tanpa kerja sama, sulit bagi kita untuk mendapatkan kesuksesan dan keberhasilan. Harus kita dukung siapapun yang terpilih," tutur Hengky, Jumat (15/9/2023).

1. Hengky Kurniawan pamit dari Bandung Barat

Pj Bupati KBB Diumumkan, Hengky Kurniawan: Doakan Sajapotret Hengky Kurniawan di pernikahan Sahrul Gunawan (instagram.com/hengkykurniawan)

Dalam kesempatan tersebut, Hengky menyampaikan salam perpisahan kepada warga Bandung Barat. Diapun menyampaikan apresiasi atas dukungan dari warga Bandung Barat selama dirinya menjabat. Segala prestasi yang ditorehkannya menurutnya tak bisa tercapai jika tak ada dukungan dari masyarakat.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat yang sudah mendukung dengan ikhlas mendoakan dan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini bersama sama memajukan Bandung barat," kata dia.

2. DPRD KBB menerima penunjukan Pj Bupati

Pj Bupati KBB Diumumkan, Hengky Kurniawan: Doakan SajaKetua DPRD KBB Rismanto. (Dok/Instagram @kang_rismanto)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) KBB Rismanto mengatakan, pihaknya menerima keputusan ditunjukannya pejabat Kemendagri menjadi Pj Bupati Bandung Barat. Meskipun nama itu berada diluar yang diusulkan DPRD KBB

"Siapapun nanti yang diputuskan untuk menjadi Pj Bupati KBB, DPRD KBB tentu akan menerima," ucap Rismanto.

Sebelumnya DPRD KBB mengusulkan tiga nama untuk dicalonkan menjadi Pj Bupati yakni Sekretaris Daerah (Sekda) KBB Ade Zakir, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya serta Staff Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar.

Meski nama Arsan Latif sudah diumumkan Kemendagri menjadi Pj Bupati Bandung Barat, Rismanto mengatakan pihaknya belum menerima surat resminya baik dari Pemprov Jabar maupun Kemendagri.

"Sampai saat ini belum ada surat yang dimaksud," ucap Rismanto.

3. Ketua DPRD KBB tanggapi soal penolakan Pj dari luar daerah

Pj Bupati KBB Diumumkan, Hengky Kurniawan: Doakan SajaIlustrasi PNS (setkab.go.id)

Terkait adanya penolakan dari sejumlah kalangan, Rismanto mengatakan apapun aspirasi yang ada tinggal dikembalikan terhadap aturan yang ada. Dimana aturan penunjukan Pj kepala daerah tertuang dalam Peraturan Mendagri Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pj Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Dalam aturan disebutkan bahwa Pj Bupati atau Wali Kota diusulkan tig nama dari tim Kemendagri maupun dari tim DPRD kabupaten/kota setempat, dan tiga nama dari Gubernur sehingga total terdapat sembilan nama. Selanjutnya dikerucutkan menjadi tiga nama hingga akhirnya dirapatkan di sidang tim penilai akhir (TPA) bersama kementerian lainnya.

"Apapun aspirasi yang ada, tinggal dikembalikan kepada aturan atau regulasi yang ada. UU 23 Tahun2014 dan Permendagri 4 Nomor 2023," ujar Rismanto.

Terpisah, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Asep Sehabudin juga mengatakan belum menerima tembusan terkait Pj yang ditunjuk untuk memimpin Bandung Barat hingga Bupati definitif terpilih tahun depan. Meski begitu, siapapun yang ditunjuk pihaknya siap menerimanya dan bekerjasama.

"Iya tapi sampai sekarang belum menerima pemberitahuan dari provinsinya atau Depdagri. Mungkin sore sepertinya sudah ada pemberitahuan dari provinsi," kata Asep.

Baca Juga: Pj Bupati Bandung Barat Diluar Usulan DPRD KBB

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya