Gedung Megah untuk Anggota DPRD KBB Senilai Ratusan Miliar Mangkrak

Gedung itu baru rampung kontruksinya tahun 2020

Bandung Barat, IDN Times - Gedung megah senilai ratusan miliar yang berada di Jalan Raya Cijamil, Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat terbengkalai. Bangunan yang akan dijadikan gedung para anggota DPRD KBB itu belum ditempati meskipun kontruksinya sudah rampung 100 persen.

Imbasnya, kondisi ini tersebut tak terawat. Benteng seng bekas penutup proyek masih terpasang meski dalam kondisi lapuk. Berbagai rumput liar telah menjalar memenuhi halaman gedung. Beberapa bagian dinding mulai terlihat ditumbuhi lumut serta warna catnya melapuk.

"Ini sudah lama tak terpakai jadi perlu perbaikan," kata Kepala Bidang Penataan Bangunan Prasarana Permukiman dan Kontruksi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang KBB Rahmat Ardiansyah saat dikonfirmasi, Rabu (5/6/2024).

1. Gedung itu belum dilengkapi sarana penunjang

Gedung Megah untuk Anggota DPRD KBB Senilai Ratusan Miliar Mangkrak(Bangkit Rizki/IDN Times)

Gedung megah untuk para anggota DPRD KBB itu kontruksinya mulai berdiri tahun 2019 dan 2020 dengan anggaran fantastis yakni mencapai Rp146 miliar. Meski konstruksi bangunan telah tuntas 100 persen di tahun 2020, gedung ini belum ditempati para wakil rakyat karena sejumlah penunjang lain belum dilengkapi.

Rahmat mengatakan, untuk bisa dipergunakan oleh DPRD, gedung itu memerlukan sarana penunjang seperti jaringan air, mebeler, benteng permen, hingga penataan tempat parkir. Sebab karena penunjang itulah gedung tersebut belum digunakan hingga saat ini.

"Untuk bisa ditempati masih perlu kelengkapan penunjang interior dan eksterior, saat ini memang belum dianggarkan," ucap Rahmat.

2. Pemkab Bandung Barat butuh Rp100 miliar lebih

Gedung Megah untuk Anggota DPRD KBB Senilai Ratusan Miliar Mangkrak(Bangkit Rizki/IDN Times)

Menurutnya, untuk melengkapi sarana penunjang gedung baru DPRD ini pemerintah daerah masih memerlukan anggaran lagi sebanyak Rp169 miliar. Rahmat mengakui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) KBB tak akan cukup untuk menuntaskan pembangunan gedung tersebut.

"Kalau secara keseluruhan dari DED untuk bisa berfungsi dan layak pakai itu butuh anggaran Rp169 miliar. Meliputi pagar, parkir, jaringan air, dan mebeler serta penataan interior," ujar Rahmat.

3. COVID-19 jadi penyebab mangkraknya pembangunan

Gedung Megah untuk Anggota DPRD KBB Senilai Ratusan Miliar Mangkrak(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sementara itu, Pemkab Bandung Barat berdalih penyebab utama mandeknya progres pembangunan gedung DPRD disebabkan pandemik COVID-19 dan defisit APBD. Sedangkan untuk kelanjutan pembangunannya diakui Rahmat hingga saat ini belum teranggarkan.

Seperti diketahui gedung tersebut dibangun untuk memfasilitasi 50 anggota DPRD KBB. Selama ini, para wakil rakyat tersebut berkantor di gedung lama yang berada di Jalan Raya Tagog-Padalarang, KBB.

"Untuk pembangunan total Rp146 miliar, kemarin disalurkan bertahap dari tahun 2019. Untuk kelanjutannya belum dianggarkan karena terganggu oleh COVID-19," ujar Rahmat.

Baca Juga: Gegara Tak Diberi Uang, Pemuda di KBB Sabet Kakak Ipar Pakai Cerulit

Baca Juga: Tiga Partai Sama-sama Dapat Jatah Kursi Terbanyak di DPRD KBB

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya