Comscore Tracker

Wisatawan Lembang Ditemukan Reaktif, Dinkes Langsung Lakukan Swab

Wisatawan reaktif usai dites rapid di TWGC

Bandung Barat, IDN Times - Seorang wisatawan di Taman Wisata Grafika Cikole (TWGC) dinyatakan reaktif usai mengikuti tes rapid secara acak pada Jumat (30/10/2020) pagi. Rapid test secara acak itu dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) selama long weekend pekan ini.

Dinkes KBB menargetkan sebanyak 1.000 pengunjung dan karyawan objek wisata di kawasan wisata Lembang dites rapid. Hal itu untuk menghindari terjadinya penyebaran kasus COVID-19 pada klaster wisata.

1. Satu dari 120 wisatawan yang ikut tes rapid dinyatakan reaktif

Wisatawan Lembang Ditemukan Reaktif, Dinkes Langsung Lakukan SwabSejumlah pengunjung mengikuti tes rapid di objek wisata Lembang. (IDN Times/Bagus F)

General Manager TWGC, Sapto Wahyudi mengungkapkan, hari ini pihaknya menggelar rapid test secara acak gratis untuk pengunjung atau karyawan objek wisata. Selain itu, petugas sudah disiagakan di sejumlah titik mulai dari pintu masuk hingga berjaga di area wisata.

"Betul banyak yang reaktif. Dari total 120 orang yang ikut rapid test, satu orang reaktif," ungkap Sapto saat dihubungi, Jumat (30/10/2020).

2. Langsung diarahkan untuk swab test

Wisatawan Lembang Ditemukan Reaktif, Dinkes Langsung Lakukan SwabIlustrasi tes usap atau swab test. (IDN Times/Bagus F)

Sapto menyebutkan, satu orang yang dinyatakan reaktif itu selanjutnya diarahkan untuk tes usap atau swab test untuk memastikan yang bersangkutan positif atau negatif COVID-19.

"Untuk identitas wisatawan asal mana, langsung dikantongi oleh Dinkes. Yang bersangkutan langsung dilakukan swab dan hasilnya akan diinfo sesuai KTP," ujar Sapto.

3. Tidak ada paksaan untuk ikut tes rapid

Wisatawan Lembang Ditemukan Reaktif, Dinkes Langsung Lakukan SwabWisatawan mengikuti tes rapid di objek wisata Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Sapto menyampaikan, rapid test yang digelar di TWGC untuk wisatawan ini sama sekali tidak dipungut biaya dan tidak ada paksaan. Pengunjung boleh mengikuti tes rapid atau pun tidak mengikuti tes.

"Ini baru pertama untuk pengunjung. Kalau karyawan sudah pernah (rapid test) sebelum dibukanya operasional wisata kembali," tuturnya.

4. Baru dua objek wisata yang gelar rapid test untuk pengunjung

Wisatawan Lembang Ditemukan Reaktif, Dinkes Langsung Lakukan SwabWisatawan mengikuti tes rapid di objek wisata Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Sekertaris Dinas Kesehatan, Nanang Ismantoro menyampaikan, tes rapid di kawasan wisata ini baru digelar di dua lokasi wisata, Lembang Park and Zoo Kamis kemarin dan di TWGC hari ini.

"Di Lembang Park and Zoo rapid test dilakukan pada 49 orang, namun tidak ditemukan atau nol reaktif. Namun di TWGC, dari 120 orang yang diuji, ditemukan satu reaktif," ujar dia.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya