Sungai Cihujung Meluap, Cimahi Selatan Terendam Banjir

Ketinggian air sampai 80 sentimeter

Cimahi, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Cimahi mengakibatkan banjir di Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Banjir itu menggenangi ruas jalan raya dan pemukiman warga di kampung Utama.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, banjir itu disebabkan meluapnya air di aliran sungai Cihujung. Air yang tidak tertampung kemudian meluber ke jalan raya dan pemukiman warga.

Tercatat, ada 10 rumah terendam dengan ketinggian air berbeda. Rumah-rumah yang terendam itu berada di RT 04/13 dan RT 01/11. Ketinggian air yang merendam rumah mencapai 80 cm. Sementara banjir yang merendam jalan mencapai 30 cm.

1. Terendam usai hujan deras kemarin

Sungai Cihujung Meluap, Cimahi Selatan Terendam BanjirBanjir di Kota Cimahi. (IDN Times/Bagus F)

Yayat (42 tahun), warga setempat mengatakan, banjir itu menggenangi rumah kontrakan miliknya. Banjir itu merendam wilayahnya sejak Minggu 7 Februari 2021 kemarin malam. Sempat surut, banjir lalu kembali meninggi lagi pada dinihari tadi.

"Magrib itu banjirnya selutut, lalu sempat surut. Tapi naik lagi subuh, yang ngontrak semua sedang bekerja di pabrik, ada lima yang ngontrak di sini," ungkap Yayat saat ditemui, Senin (8/2/2021).

2. Banyak barang tak terselamatkan

Sungai Cihujung Meluap, Cimahi Selatan Terendam BanjirBanjir di Kota Cimahi. (IDN Times/Bagus F)

Hingga Senin siang, banjir di Kampung Utama itu belum juga surut. Barang-barang dan kendaraan milik para pegawai pabrik penghuni kontrakannya pun tidak sempat terselamatkan.

"Semua barang terendam, ada motor dan barang eletronik lainnya. Yang ngontrak sudah tahu, tapi mereka masih kerja. Mungkin nanti pulang langsung beres-beres," ujarnya.

3. Sampah jadi penyebab banjir

Sungai Cihujung Meluap, Cimahi Selatan Terendam BanjirIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Terpisah, Staf Sarana dan Prasarana Kelurahan Utama Joni Rahmat mengatakan banjir di Cimahi Selatan terjadi lantaran intensitas hujan deras yang terjadi seharian. Kondisi itu diperparah dengan meluapnya air di aliran sungai Cihujung.

"Memang hujannya deras sejak kemarin. Kita cek ke lokasi banjir di permukiman warga, ternyata ada pembuatan bak pembakaran sampah yang menutupi aliran air. Akhirnya kita bongkar," kata Joni.

4. Petugas sedot genangan air

Sungai Cihujung Meluap, Cimahi Selatan Terendam BanjirBanjir di Kota Cimahi. (IDN Times/Bagus F)

Untuk mengurangi debit air yang menggenangi rumah dan jalan, petugas BPBD serta Damkar Kota Cimahi melakukan penyedotan air kemudian dibuang langsung ke aliran Sungai Cihujung.

Tidak sedikit pengendara yang memaksa melintas menyeberangi genangan air setinggi 30 sentimeter. Spontan, warga setempat pun turun tangan membantu pengendara yang mengalami mogok.

Baca Juga: BPBD: Waspada Potensi Banjir di Bandung, Garut, Bogor, dan Cirebon

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya