Comscore Tracker

Polisi Ungkap Tewasnya Pekerja Proyek KCIC Asal Tiongkok di KBB 

Polisi menduga tewasnya TKA murni kecelakaan kerja

Bandung Barat, IDN Times - Proyek pembangunan trase Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) memakan korban jiwa. Tenaga kerja asing (TKA) asal Cina dinyatakan meninggal dunia setelah terjatuh dari tiang eleveted di Desa Gadobangkong, Kecatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Selasa (18/8/2020) sore.

Atas peristiwa itu, kepolisian melakukan pendalaman. Pekerja asal Tiongkok yang tewas itu diketahui bernama Han Qi Hong (47), korban sudah dievakuasi dan di larikan ke Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan (RSCK) Kota Baru, Padalarang.

1. Terjatuh saat memotong besi

Polisi Ungkap Tewasnya Pekerja Proyek KCIC Asal Tiongkok di KBB Pengerjaan proyek trase KCJB di KBB. (IDN Times/Bagus F)

Kanit Reskrim Polsek Padalarang Ipda Ecep Karniman mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, peristiwa nahas itu murni akibat kecelakaan kerja. Korban tertarik alat pemotong besi yang terkait ke alat keselamatan kerja miliknya.

"Jadi korban ini sedang memotong besi coran di atas tiang trase kereta cepat. Alat potong dan besinya itu terjatuh, sehingga korban ikut jatuh lalu tewas seketika," ungkap Ecep saat dihubungi, Selasa (18/8/2020).

2. Berada di atas tiang eleveted dengan 3 temannya

Polisi Ungkap Tewasnya Pekerja Proyek KCIC Asal Tiongkok di KBB Pengerjaan proyek trase KCJB di KBB. (IDN Times/Bagus F)

Han terjatuh dari ketinggian lebih dari 15 meter saat dirinya berada di atas tiang eleveted. Di atas tiang, Han bersama tiga rekannya tengah merampungkan pengerjaan tiang eleveted. Namun, nasib berkata lain, Han mengalami kecelakaan hingga kepalanya terbentur ke dasar.

"Di atas itu ada 4 orang pekerja, tapi yang jatuh hanya seorang yaitu si korban ini. Kalau tiga orang lainnya selamat," paparnya.

3. Dibawa ke RS Cahya Kawaluyaan Kota Baru

Polisi Ungkap Tewasnya Pekerja Proyek KCIC Asal Tiongkok di KBB Ilustrasi TKP (IDN Times/Mardya Shakti)

Kejadian itu sontak menyita perhatian warga sekitar. Arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian pun mendadak padat. Tak berlangsung lama, korban langsung di bawa ke RSCK untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

"Korban kemudian dibawa ke RS Cahya Kawaluyaan, Kota Baru Parahyangan untuk diautopsi dulu," pungkasnya.

4. Baru bekerja sejak dua minggu lalu

Polisi Ungkap Tewasnya Pekerja Proyek KCIC Asal Tiongkok di KBB ustrasi pekerja KCJB. (IDN Times/Dok. Istimewa)

Sebelumnya, dilaporkan seorang pekerja asal Cina terjatuh dari atas tiang eleveted trase KCJB sekitar pukul 17.05 WIB. Ikhwan (30) seorang pekerja sekaligus saksi kejadian mengatakan, peristiwa itu terjadi begitu cepat. Dirinya mendengar bunyi besi jatuh, saat didekati, Ikhwan mendapatkan seorang pekerja sudah terkapar di bawah tiang eleveted.

"Korban merupakan pekerja asal Cina yang baru datang sekitar dua mingguan di sini," kata Ikhwan.

Baca Juga: [BREAKING] Pekerja Tiongkok Tewas Terjatuh dari Tiang Eleveted di Proyek KCIC 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya