Polisi Sebut Wisata Baru Jadi Biang Kemacetan Panjang di Lembang

The Great Asia Africa dan Farmhouse disebut sebabnya

Bandung Barat, IDN Times - Semenjak hadir objek wisata baru, volume kendaraan di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami peningkatan hingga menyebabkan kemacetan.

Penumpukan kendaraan itu terjadi baik dari arah Kota Bandung menuju Lembang maupun dari arah sebaliknya. Terlebih, kendaraan menumpuk pada weekend di pagi ataubsore hari.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Cimahi, AKP Susanti Samaniah, membenarkan kemacetan yang akhir-akhir ini terjadi di sekitar Lembang, diakibatkan karena adanya wisata baru. Hadirnya wisata tersebut dinilai membuat masyarakat penasaran hingga akhornya berbonding ingin mengunjunginya.

"Memang akhir-akhir ini di Lembang, khususnya di depan Farmhouse ada wisata baru The Great Asia Africa yang menimbulkan kemacetan," ujarnya saat ditemui di Mapolres Cimahi, Selasa (10/12).

1. Membludaknya kunjungan ke lokasi wisata dinilai sebab kemacetan

Polisi Sebut Wisata Baru Jadi Biang Kemacetan Panjang di Lembanginstagram.com/yanie_ros7834

Menurut Susanti, kemacetan di area Farmhouse disebabkan karena banyaknya kendaraan yang keluar masuk ke lokasi wisata. Terlebih, objek wisata Farmhouse dan The Great Asia Africa lokasinya bersebrangan sehingga berdampak pada penumpukan kendaraan.

"Kontur jalan yang sempit juga berpengaruh, selain itu banyak gang yang banyak keluar masuk kendaraan. Itu menyebabkan perlambatan arus lalu lintas hingga akhirnya terus mengekor," tuturnya.

2. Petugas tetap berjaga atur lalu lintas

Polisi Sebut Wisata Baru Jadi Biang Kemacetan Panjang di LembangIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Meski demikian, Susanti sudah menerjunkan anggotanya untuk mengatur lalu lintas di lokasi tersebut demi mengurai kemacetan. Namun, menurutnya hal itu tidak cukup.

"Kami juga akan mencoba memasang trailing sepanjang jalan. Nantinya dari depan Farmhouse itu tidak langsung nyebrang ke Asia Africa dan untuk pejalan kaki juga kita akan buatkan satu pintu saja," kata Susanti.

3. Membludaknya kunjungan diklaim karena ada diskon tiket

Polisi Sebut Wisata Baru Jadi Biang Kemacetan Panjang di LembangUnsplash.com/Allie Smith

Terpisah, Owner The Great Asia Africa Lembang, Ferry Tristianto mengatakan, terkait kemacetan ini hanya terjadi saat tempat wisata ini dibuka pertama kali dan ada diskon tiket sebesar 50 persen, sehingga banyak masyarakat yang berkunjung.

"Gini, waktu itu kan opening dan tiket diskon 50 persen, jadi orang tuh banyak sekali yang datang ke sini. Nanti juga arus lalu lintas akan normal lagi," katanya belum lama ini.

Ferry juga akan terus berkoordinasi dengan anggota Polres Cimahi untuk mengatur arus lalu lintas di sekitar Farmhouse dan The Great Asia Africa Lembang agar kemacetan dinarea itu bisa teratasi.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya