Ridwan Kamil: Peresmian Museum Masjid Al Jabbar Molor di Ramadan

Sebelumnya museum akan diresmikan Februari 2023

Bandung, IDN Times - Peresmian museum Masjid Al Jabbar bakal molor di bulan Ramadan. Hal ini disebabkan adanya beberapa kajian yang masih belum selesai dan tengah dibahas oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar).

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil mengatakan, persoalan museum masih dalam kajian. Salah satu yang kini tengah di bahasa adalah klasifikasi antara masuk museum atau galeri.

"Kita mengkaji kapan pembukaan, namanya antara museum atau galeri sedang kita pikir, karena masing-masing ada konsekuensi bahasa dan hukum," ujar Emil saat ditemui di Gedung Sate, Senin (6/2/2023).

1. Ridwan Kamil pesimis museum diresmikan Februari

Ridwan Kamil: Peresmian Museum Masjid Al Jabbar Molor di RamadanGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dengan kondisi seperti ini, Emil mengungkapkan, museum yang direncakan diresmikan pada Februari akan molor hingga Ramadan. Adapun bulan Ramadan secara umum akan akan jatuh sekitar Maret 2023.

"Kami belum yakin kalau Februari kira-kira di bulan Ramadan, termasuk harganya (masuk galeri/museum) berapa dan lain-lainnya," katanya.

2. Masuk museum akan dikenakan tarif

Ridwan Kamil: Peresmian Museum Masjid Al Jabbar Molor di RamadanGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Emil mengatakan, pada Februari untuk museum Masjid Al Jabbar bakal lebih siap dibuka untuk umum. Namun, dia juga merasa butuh waktu untuk menyempurnakan semua isi museum.

"Nanti bulan Februari (2023) kita butuh satu bulan lagi untuk mencari siapa tour gait nya, berapa ongkos bayarnya, gimana teknologi untuk melihatnya," ujar Emil saat pembukaan Masjid Al Jabbar, Selasa (31/12/2022).

3. Ridwan Kamil sebelumnya menyatakan Februari akan diselesaikan

Ridwan Kamil: Peresmian Museum Masjid Al Jabbar Molor di RamadanMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski begitu, Emil sebelumnya juga memastikan, Museum Masjid Al Jabbar bakal di buka pada Februari 2023. Dia juga meminta masyarakat untuk bersabar, karena beberapa hal teknis harus dipikirkan dengan matang guna meminimalisir penumpukan pengunjung.

"Jadi mohon bersabar museum terbesar, tercanggih keislaman Indonesia ini insyaallah akan dibuka di awal Februari nanti," kata dia.

Baca Juga: Penjelasan Pemprov Soal Pengadaan Konten Museum Nabi Masjid Al Jabbar

Baca Juga: Sembilan Matahari Beri Klarifikasi Soal Konten Museum Masjid Al Jabbar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya