Ridwan Kamil Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dilalui Pemudik Lebaran 2022

Pengoperasian masih belum dilakukan secara penuh

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil memastikan bahwa Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sudah bisa dilalui pemudik Idul Fitri 1443 atau Lebaran 2022. Sejumlah persiapan menghadapi pemudik juga terus dimatangkan.

Tol Cisumdawu bisa dioperasionalkan hingga Exit Tol Cimalaka atau Seksi III Jalan Tol Cisumdawu. Menurutnya, beberapa jalur sudah terpantau normal dan bisa dilalui oleh pemudik.

"Tol Cisumdawu ini yang sudah normal sampai Pamulihan. Tapi, ada tambahan yang bisa dibuka langsung sampai ke Cimalaka. Tentunya melewati Sumedang kota," ujar Emil melalui keterangan resminya, Senin (25/4/2022).

1. Beberapa jalur akan dibuka hanya saat menjelang petang

Ridwan Kamil Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dilalui Pemudik Lebaran 2022Humas/Pemprov Jabar

Seluruh pihak berwenang dalam pembangunan tol ini terus mengejar beberapa hal yang harus disiapkan untuk menghadapi pemudik 2022. Emil bilang, nantinya akan ada beberapa pembatasan untuk kendaraan yang melintasi tol yang direncakan menembus langsung Bandara Kertajati ini.

"Jadi, Karapyak-Sumedang Kota-Cimalaka itu situasional hanya dibuka sampai jam lima sore (17.00 WIB) kalau tidak hujan," ungkapnya.

2. Akan ada pembatasan untuk kendaraan kecil

Ridwan Kamil Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dilalui Pemudik Lebaran 2022Ilustrasi Tol Cisumdawu (dok. Kementerian PUPR)

Dengan masih adanya pembatasan, Emil menjelaskan, pemudik yang melintasi Karapyak-Sumedang Kota-Cimalaka via Jalan Tol Cisumdawu akan dibatasi. Jalur itu pun hanya untuk kendaraan kecil, karena masih ada persoalan kelayakan jalan yang kini sedang ditangani.

"Sementara kendaraan kecil dibatasi. Karena di antara Pamulihan dan Sumedang Kota, masih ada longsor yang sedang diperbaiki. Jadi bisa dilewati, tapi dengan kehati-hatian," ucapnya.

3. Jabar sangat siap menghadapi arus mudik

Ridwan Kamil Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dilalui Pemudik Lebaran 2022ANTARA/Raisan Al Farisi/agr.

Selain personal teknis, pelayanan lainnya untuk pemudik juga akan diberikan dengan maksimal. Emil mengatakan, sejumlah posko untuk para pemudik yang hendak beristirahat sejenak sudah disediakan di beberapa titik jalan.

"Kami sudah sangat siap menghadapi arus mudik. Tempat-tempat, pos terpadu, contohnya di Pamulihan ini juga bisa dilihat. Di dalamnya, ada tempat istirahat, tempat ibu menyusui, bahkan khas Sumedang yakni menyediakan Tahu Sumedang gratis," katanya.

4. Berharap dapat memberi dampak baik pada Kabupaten Sumedang

Ridwan Kamil Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dilalui Pemudik Lebaran 2022ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/kye

Selain untuk mudik, Emil berharap Tol Cisumdawu bisa menggeliatkan sektor pariwisata di Sumedang, sehingga perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Sumedang dapat meningkat.

"Potensi pariwisata akan makin bermunculan sebagai masa depan ekonomi Sumedang. Yang dulu lokal karena aksesnya terbatas, sekarang insya Allah potensi wisata akan me-nasional," kata dia.

Baca Juga: Siapkan 400 Pos Pantau Mudik di Jabar, Ridwan Kamil: Jabar Siaga Satu

Baca Juga: Dishub Jabar Buat 3 Strategi Jaga Kondusivitas Mudik Idul Fitri 2022

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya