Comscore Tracker

Relawan Kebangsaan 24 Dukung Ridwan Kamil Jadi Presiden RI 2024

Ridwan Kamil diklaim sosok yang tepat jadi presiden 2024

Bandung, IDN Times - Relawan Kebangsaan 24 atau RK24 mendeklarasikan diri untuk mendukung Ridwan Kamil maju menjadi Calon Presiden RI 2024. Relawan ini dibentuk oleh elemen pemuda di Jabar.

Penggagas Relawan 24, Asep Komarudin mengatakan, Gubernur Ridwan Kamil dengan berbagai prestasinya yang sudah dimiliki telah layak menjadi tokoh muda alternatif pemimpin bangsa.
 
"Relawan Kabangsaan 24 hadir untuk mendukung dan bekerja keras memenangkan Ridwan Kamil pada ajang Pilpres 2024 mendatang. Para relawan ini ingin menorehkan keberhasilan RK di level nasional," ujar Asep, melalui keterangan resminya, Sabtu (4/12/2021). 

1. Mereka mengklaim Emil punya sepak terjang yang baik di pemerintahan

Relawan Kebangsaan 24 Dukung Ridwan Kamil Jadi Presiden RI 2024ANTARA/Chairul Rohman

Relawan Kebangsaan 24 mengklaim bahwa Ridwan Kamil sangat pantas memimpin Republik Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari kapasitas dan kapabilitas selama jadi Gubernur Jabar periode 2018 dan akan berakhir pada 2023.

"Sepak terjang Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) begitu mendunia. Ketika tampil di tingkat internasional, negara-negara dunia mengakui kehebatan cara beliau berkomunikasi dan berinovasi membawa daerahnya ke arah lebih baik. Tentu ketika menjadi Presiden RI, kapasitas Kang Emil akan semakin terlihat. Kita akan kawal ini," kata Asep.

2. Dibentuk untuk mengumpulkan gelombang dukungan

Relawan Kebangsaan 24 Dukung Ridwan Kamil Jadi Presiden RI 2024Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Relawan ini akan bergerak secara masif dengan membentuk simpul-simpul di sejumlah daerah di pelosok tanah air. Asep bilang, popularitas Ridwan Kamil begitu nyata. Ketika melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah, banyak masyarakat yang menyambutnya.

"Bahkan tak sedikit yang meminta beliau menjadi presiden. Kita tangkap dukungan tersebut dan kita bentuk relawannya sehingga gelombang dukungan menjadi lebih nyata dan besar," katanya.

3. Pendukung yang mulai muncul ke publik adalah hal penting

Relawan Kebangsaan 24 Dukung Ridwan Kamil Jadi Presiden RI 2024 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Pengamat politik dari Polnet Indonesia Fajar Nugraha mengatakan, kemunculan sejumlah relawan mendeklarasikan calon presiden 2024 merupakan hal wajar menjelang tahun politik.

Dalam hal ini tidak hanya Ridwan Kamil, ada juga relawan pendukung Ganjar Pranowo bernama Sahabat Ganjar. Lalu ada Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera yang mendukung Anis Baswedan.

"Sebelum masuk gelanggang pertarungan, para kandidat harus memasuki tahapan awal yang disebut pemunculan. Pada tahapan ini, nama mereka harus sering dibicarakan, dikenal publik," jelasnya.
 
Melihat pola pemenangan Ridwan Kamil pada kontestasi pilkada, baik Pilwalkot Bandung 2013 dan Pilgub Jabar 2018, salah satunya adalah kerja relawan yang bukan berasal dari partai politik.
 
"Pola ini yang saya liat akan digunakan Ridwan Kamil. Basis Relawan Kebangsaan 24 ini diperluas di Indonesia. Saya pikir tidak cukup sulit bagi RK untuk mendapatkan dukungan lebih luas dengan modal ruang media sosial yang ia miliki," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ngaku Belum Banyak Modal untuk Capres 2024

Baca Juga: KSPSI Jabar Kecewa Ridwan Kamil Tak Temui Buruh saat Aksi UMK 2022

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya