Comscore Tracker

Modal Cukup Rp50 Ribu, Kemenkumham Jabar Dorong UMKM Daftar HaKI

Waktu pendaftaran HaKI cukup dengan 10 menit

Bandung, IDN Times - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Barat (Jabar) mendorong pelaku UMKM mendaftarkan hak kekayaan intelektual atau HaKI. Pendaftaran ini nantinya bisa melindungi merek yang telah dibuat oleh UMKM.

Kakanwil Kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya mengatakan, pendaftaran HaKI tidak memakan biaya yang banyak. Masyarakat hanya bermodalkan uang Rp50 ribu bisa langsung melalui berbagai tahapan administrasi.

"Dengan uang 'gocap' dan 10 menit saja pelaku UMKM udah bisa jadi CEO, jadi direktur. Selain itu sertifikat pendirian perseroan perorangan dapat digunakan sebagai collateral untuk funding ke bank konvensional," ujar Andika dalam kegiatan Bincang Dagang yang diadakan di Masagi Coffee, Kota Bandung, pada Selasa (24/1/2023).

1. Kemenkumham akan banyak turun ke lapangan

Modal Cukup Rp50 Ribu, Kemenkumham Jabar Dorong UMKM Daftar HaKI

Andika mengungkapkan, ada 100 ribu UMKM di Jabar yang harus dibantu agar naik kelas. Kemenkumham juga akan terjun langsung ke lapangan untuk memberi layanan konsultasi mengenai kekayaan intelektual ini.

"Kemenkumham Jabar akan memfasilitasi konsultasi pendaftaran kekayaan intelektual seperti merek, cipta, paten, desain industri," ucapnya.

2. Akan ada kegiatan Takjub Akbar di Sabuga

Modal Cukup Rp50 Ribu, Kemenkumham Jabar Dorong UMKM Daftar HaKIIlustrari UMKM

Sedangkan, Founder Teman Tajir, Adji Dimas Ramayanda mengatakan, dengan kondisi Kota Bandung yang sudah terkenal dengan banyak menghasilkan kreativitas. Maka, pada 27-28 Januari 2023 akan ada Takjub Akbar di Sabuga, Kota Bandung.

Dalam acara itu, nantinya ada 180 pembicara muslim bertaraf lokal dan internasional dengan latar belakang usaha fashion hingga perbankan akan hadir dalam kegiatan tersebut. Selain itu, akan adapula 75 tenant dan 20 giat workshop yang diadakan.

"Kami ingin ada mendampingi teman-teman untuk up skill dari segi networking khususnya keilmuan, kami coba mendatangkan profesional, enterpreneur dan pelaku usaha dari nasional maupun mancanegara yang diharapkan dapat menginspirasi," kata dia.

3. Takjub Akbar akan memperkuat jaringan UMKM

Modal Cukup Rp50 Ribu, Kemenkumham Jabar Dorong UMKM Daftar HaKIIlustrasi UMKM (Dok. IDN Times)

Sementara itu, Chief Product Officer Group of Hijra, Fitoy Wicaksana, mengatakan gerakan yang dilakukan oleh Teman Tajir diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap dunia dagang di masyarakat yang berlandaskan prinsip Islam.

"Melalui event Takjub Akbar, kami berharap semakin memperluas jangkauan dan akses masyarakat terhadap Hijra Bank sehingga tidak hanya terbebas dari riva, masyarakat mampu memulai berbagai kebaikan dari platform yang menjunjung kebermanfaatan," katanya.

Baca Juga: Cara Mencegah Pungutan Liar dari Satgas Saber Pungli Kemenkumham

Baca Juga: Kemenkumham Salurkan Bantuan Rp2,2 M untuk Korban Gempa Cianjur

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya