Comscore Tracker

Kasus Positif COVID-19 di Gedung Sate Capai 75 Orang

Ada 48 orang ASN dan 10 orang non ASN yang terjangkit

Bandung, IDN Times - Kasus pegawai terinfeksi COVID-19 di Gedung pusat Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa barat (Jabar), Gedung Sate, bertambah. Hingga saat ini, tercatat sudah ada 75 orang positif corona.

Marion Siagian, Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) mengatakan, dari 75 orang ini tidak semua Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Sebenarnya di Gedung Sate itu yang kena COVID-19 ASN 48 orang, non ASN 10 orang ditambah keluarga dan yang magang jadi totalnya 75 orang. Jadi bukan 75 orang itu karyawan semua," kata Marion saat dihubungi, Rabu (16/6/2021).

1. Pelacakan kontak erat masih dilakukan Pemprov Jabar

Kasus Positif COVID-19 di Gedung Sate Capai 75 OrangSuasana Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Hingga saat ini penindakan terhadap pegawai dan keluarganya yang positif terus dilakukan. Isolasi secara mandiri dan penanganan di rumah sakit sudah dilakukan Pemprov Jabar. Saat disinggung upaya pelacakan kontak erat sudah menyasar berapa orang, Marion tidak memberikan jawaban pasti.

"Kami sudah tracing sampai ke keluarga karyawan yang terkonfirmasi positif COVID-19," ujarnya.

2. Gedung Sate ditutup sementara sejak 9 Juni

Kasus Positif COVID-19 di Gedung Sate Capai 75 OrangIlustrasi Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Seperti diketahui, Pemprov Jabar menutup aktivitas Gedung Sate sejak 9 Juni 2021. Penutupan atau lockdown ini terkait puluhan pegawai yang dipastikan positif COVID-19. Sedikitnya ada 31 orang.

Jumlah pegawai yang positif COVID-19 ini diketahui dari tes yang dilakukan di lingkungan kantor gubernuran ini beberapa waktu lalu.

3. 31 orang sebelumya sudah dinyatakan positif COVID-19

Kasus Positif COVID-19 di Gedung Sate Capai 75 OrangSuasana Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Asisten Administrasi Umum Setda Jabar Dudi Sudrajat membenarkan kabar tersebut. "Iya betul ada 31 orang yang positif," kata Dudi, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (3/6/2021).

Dengan adanya hasil pengetesan tersebut, Setda Jabar menerbitkan surat edaran untuk penyesuaian sistem kerja bagi pegawai negeri sipil terhitung dari tanggal 3 Juni sampai 9 Juni 2021. Area publik seperti masjid, kantin, hingga museum pun ditutup lagi.

Baca Juga: 32 ASN Gedung Sate Positif COVID-19 Usai ke DKI, Wagub Riza Buka Suara

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya