Hari Lahir Pancasila 2023, Pemprov Jabar Gelar Pekan Bung Karno

Pemprov Jabar terus kuatkan nilai Pancasila di kalangan ASN

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menggelar kegiatan Pekan Bung Karno dan Bangkit Fest di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Kamis (1/6/2023). Kegiatan ini digelar dalam rangka momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jabar, R. Iip Hidajat mengatakan, gelaran ini dilaksanakan tidak hanya untuk memperingati hari Pancasila, melainkan sebagai bentuk edukasi pada masyarakat.

"Ini sebagai bentuk edukasi serta penguatan makna Pancasila dalam kehidupan berbangsa di momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila, juga peringatan pekan lahirnya salah satu proklamator Indonesia tersebut," kata Iip.

1. Butir-butir Pancasila harus diaplikasikan

Hari Lahir Pancasila 2023, Pemprov Jabar Gelar Pekan Bung Karno(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kesabangpol Jabar dalam gelaran ini turut menghadirkan pameran sejarah presiden pertama Republik Indonesia Ir. Sukarno. Kemudian, ada lomba berpidato ala Bung Soekarno, Fashion Show mirip Soekarno yang diikuti oleh ASN, dan lomba membuat reels/Tiktok berisi nilai-nilai Pancasila.

"Poin pentingnya dari ini adalah bagaimana kita mengokohkan nilai-nilai Pancasila, artinya mengaplikasikannya bukan menghafalkannya. Namun tidak bicara tentang akidah dan nilai sosial, melainkan tentang bagaimana berbicara tentang kerukunan," kata Iip.

2. ASN terus diberikan penguatan nilai Pancasila

Hari Lahir Pancasila 2023, Pemprov Jabar Gelar Pekan Bung Karno(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Iip menambahkan, nilai-nilai Pancasila di lingkungan PemprovJabar juga turut diterapkan. Seperti dalam pengangkatan CPNS dan P3K, Kesbangpol bekerja sama dengan BPSDM dan BKD dalam memberikan pemahaman tentang Pancasila.

"Kami dapat waktu untuk pembinaan itu, untuk mengupas-tuntas berkaitan dengan Pancasila sebagai pedoman hidup Bangsa Indonesia. Jadi itu diberikan kepada ASN yang baru, saat COVID-19 itu dilakukan secara daring," kata dia.

3. Pancasila jangan diperdebatkan lagi

Hari Lahir Pancasila 2023, Pemprov Jabar Gelar Pekan Bung KarnoMonumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya di Jakarta Timur ( ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Sementara Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pancasila merupakan idiologi bukan sebuah akidah. Menurutnya, hal ini sudah clear dan jangan diperdebatkan kembali, khususnya di kalangan anak muda yang ada di Jabar.

"Pancasila bukan akidah tapi idiologi negara, kalau mengamalkan agama sesuai kepercayaan masing masing. Jadi sudah, tidak layak anak muda mempermasalahkan Pancasila kemudian melemahkan Pancasila," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Dorong BUMD Terapakan GCG dan Berdayakan UMKM! 

Baca Juga: Dorong Partisipasi Gen Z, 5 Hal Ini Berhasil Digagas Pemprov Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya