Comscore Tracker

DPW PKB Jabar: Ridwan Kamil Bisa Jadi Anggota Selama Punya Ide Sama

Ridwan Kamil diminta fokus selesaikan janji politik

Bandung, IDN Times - Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jabar tutur merespons wacana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil yang berniat untuk bergabung dengan partai politik (Parpol) pada 2022.

Acep Jamaludin, Sekretaris DPW PKB Jabar mengatakan, dalam PKB terdapat simpatisan, kader, pengurus. Tiga struktur anggota itu dipastikan semuanya memiliki ide yang sama dalam menjalankan roda partai.

"Jadi kader PKB, sarat pertama harus miliki visi misi dan politik itu kan siyasatul ummah mabniyyatun ala aqidatiha. Jadi politik sebuah umat berdasarkan ide dan keyakinan. PKB adala kumpulan orang yang diyakini Partai PKB dan termaktub dalam apreasiasi," ujar Jamal saat dihubungi, Selasa (12/10/2021).

1. Ridwan Kamil harus sesuaikan ide dengan PKB

DPW PKB Jabar: Ridwan Kamil Bisa Jadi Anggota Selama Punya Ide SamaRidwan Kamil menghadiri acara Indonesia Millennial Summit by IDN Times (Dok. IDN Times)

Jika Emil hendak bergabung dengan PKB, Jamal bilang, syarat pertama harus terima terhadap keyakinan ide Partai PKB. Sebab, hal itu merupakan syarat dasar dari masyarakat yang hendak bergabung dengan partai bentukan Dr. K. H. Abdurrahman Wahid itu.

"Kedua, kita juga harus cek Emil memiliki persamaan ide gak? Bukan persoalan populer, tapi kesambungan ide, sehingga tujuan partai bisa di ejawantahkan ketika kader menjadi legislatif dan kepala daerah. Jadi kalau gak sesuai ide partai buat apa," kata dia.

2. PKB saran ke Emil untuk fokus selesaikan janji politik

DPW PKB Jabar: Ridwan Kamil Bisa Jadi Anggota Selama Punya Ide SamaRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Langkah Emil mencari parpol merupakan hal yang wajar. Namun, menurutnya, selama menjadi Gubernur, Emil harus fokus dan menyelesaikan semua program yang sudah dititipkan oleh PKB. Adapun PKB sendiri merupakan partai pendukung Emil pada Pigub 2018.

"PKB saran ke Emil lebih fokus selesaikan janji-janji beliau ketika masa kampanye, salah satunya yang dijanjikan PKB, ada sembilan program yang disampaikan," katanya.

3. Ridwan Kamil memantapkan diri gabung Parpol 2022

DPW PKB Jabar: Ridwan Kamil Bisa Jadi Anggota Selama Punya Ide Sama ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Untuk diketahui, Ridwan Kamil menyatakan diri akan bergabung dengan partai pada 2022. Ia bilang, saat ini ia hanya ingin fokus untuk melanjutkan kepemimpinannya di Jabar. Adapun pada Pilgub Jabar 2023, dirinya memastikan akan berstatus menjadi anggota partai.

"Saya masih istikhoroh terus terang. Kalau lanjut gubernur juga periode kedua, mungkin posisinya sudah berpartai juga. Partai mana, mungkin di 2022 mungkin akan saya sampaikan," ujar Emil, di Gedung Pakuan, Jumat (8/10/2021).

Sampai saat ini, pergerakan partai politik di Jabar menjelang Pilgub 2023 masih dinamis. Tokoh-tokoh daerah dan dari partai politik masih malu-malu untuk menunjukkan jagoannya pada publik.

"Pada 2022 saya sampaikan, sekarang saya akan istikhoroh mana (partai) yang pas dulu," ungkap Emil.

4. Ridwan Kamil dan Desy Ratnasari tampil mesra

DPW PKB Jabar: Ridwan Kamil Bisa Jadi Anggota Selama Punya Ide SamaInstagram.com/desyratnasari.officialsukabumi

Selain berpeluang maju kembali pada Pilgub Jabar 2023, Emil juga dirumorkan akan maju menjadi Calon Presiden (Capres) 2024. Nama Mantan Wali Kota Bandung satu periode ini belakangan kerap muncul di berbagai lembaga survei.

Emil juga banyak disandingkan dengan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan, serta tokok politik muda Indonesia seperti Ketua Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Manuver politik Emil juga sudah mulai terang-terangan. Ia beberapa kali tampil mesra dengan ketua partai dan tampil dekat dengan kader partai politik Jabar, salah satunya Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jabar Desy Ratnasari.

Meski tampil mesra, Desy belum bisa memastikan dirinya akan maju bersama Ridwan Kamil. Ia mengatakan bahwa dirinya akan patuh pada seluruh keputusan partai.

"Kami sami’na wa atho’na dengan keputusan DPP. sebagai kader kami akan siap mendukung dan akan melaksanakan keputusan DPP yg terbaik bagi Jawa Barat," ujar Desy saat dihubungi, Rabu (6/10/2021).

Selain dekat dengan PAN, Emil juga beberapa kali bertemu dengan pimpinan partai lainnya, seperti dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Partai Golkar Airlangga Hartanto, dan Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudoyono.

Emil sendiri mengartikan bahwa pertemuan itu semata-mata bukan dalam kepentingan dirinya maju sebagai calon presiden. Ia menegaskan bahwa semua pertemuan itu hanya silahturahmi dan koordinasi tentang pemerintahan.

Baca Juga: Ridwan Kamil Mau Gabung Parpol 2022, Bagaimana Sikap PDIP?

Baca Juga: Ridwan Kamil Gabung Parpol 2022, Demokrat Siap Tampung!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya