Comscore Tracker

Dibantu Pindad, Pemkot Bandung Segera Tata PKL Jalan Gatot Subroto

Penataan PKL hasil dari CSR PT Pindad

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung dalam waktu dekat akan menata Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Gatot Subroto hingga Kiaracondong. Penataan PKL tersebut hasil dari bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pindad.

"Dalam waktu dekat penataan PKL di koridor Jalan Gatot Subroto, Kiaracondong ke arah Pindad akan ditata. PT Pindad mau ngasih CSR," ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jumat (14/2).

Baca Juga: Tiru Pengolahan Sampah di Jepang, Pemkot Bandung Optimalkan DPU Cicabe

1. Desain PKL Jalan Gatot Subroto masih dinegosiasikan

Dibantu Pindad, Pemkot Bandung Segera Tata PKL Jalan Gatot Subroto(Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Yana menuturkan, saat ini Pemkot Bandung melalui Dinas Tata ruang sedang negosiasi rancang desain penataan PKL kepada PT Pindad. Jika itu sudah disetujui, penataan akan segera dikerjakan. Sebelumnya ia mengaku sudah melihat kondisi PKL Jalan Gatot Subroto.

"Minggu lalu sudah lihat ke sana, kita menunggu gambar dari PU dan Distaru," ungkapnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Siap Jadi Pilot Project Kartu Pra Kerja Jokowi

2. Pemkot Bandung fokus menta PKL

Dibantu Pindad, Pemkot Bandung Segera Tata PKL Jalan Gatot Subroto(Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Yana enggan mengawang-awang soal desain, semuanya diserahkan kepada dinas terkait untuk merancang sesuai dengan persetujuan PT Pindad. Selain itu, Pemkot Bandung kata dia, memang fokus untuk menata semua PKL.

"Saat ini kurang lebih ada 22 ribu PKL di Bandung, perlahan ini semua akan ditata Pemkot Bandung," katanya.

3. Penertiban Moko Jalan Diponegoro akan digolongkan terlebih dahulu

Dibantu Pindad, Pemkot Bandung Segera Tata PKL Jalan Gatot SubrotoIDN Times/Dok Humas Pemkot Bandung

Menyinggung soal mobil toko (moko) di jalan Diponegoro, Pemkot Bandung tetap akan melakukan penertiban. Namun cara penertiban yang berbeda. Pemkot Bandung akan terlebih dahulu memilah mana Moko yang kreatif dan Moko yang sudah memiliki toko pribadi.

"Petunjuk dari Wali Kota ditertibkan dulu, moko ada dua kriteria ada yang memang dia kreatif berdagang dan orang punya toko terus buka cabang. Penanganannya berbeda," tuturnya.

4. Pembangunan Teras Cihampelas tahap II masih didiskusikan

Dibantu Pindad, Pemkot Bandung Segera Tata PKL Jalan Gatot Subroto(Kondisi Teras Cihampelas) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Yana menambahkan, soal pembangunan Teras Cihampelas tahap II akan diusulkan desain khusus untuk kebutuhan penting pengunjung. Kata dia, hal tersebut masih dalam diskusi dengan Satgas Khusus (Satgasus).

"Saya minta ke satgasus mendesain tenda karena ada beberapa (pedagang) kuliner mungkin perlu disiapkan tenda. Yang beli dan makan bisa duduk dan terlindungi dari hujan dan panas," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya