Comscore Tracker

Demam Sepeda Makin Menjadi, Dishub Kota Bandung Bikin Tiga Jalur Baru

Saat ini sudah ada 17 jalur sepeda dibangun Pemkot Bandung

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung terus mendukung masyarakatnya menggunakan sepeda sebagai pengganti transportasi roda dua dan empat. Sampai saat ini, ada sebanyak tujuh titik jalur sepeda dibangun dengan panjang keseluruhan 15 kilometer.

Hal itu disampaikan langsung oleh kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Ricky Gustiadi pada awak media di Jalan Sumbawa nomor 28, Minggu (29/11/2020).

1. Tiga jalur baru disiapkan untuk 2021

Demam Sepeda Makin Menjadi, Dishub Kota Bandung Bikin Tiga Jalur BaruIlustrasi Jalur Sepeda (IDN Times/Dwi Agustiar)

Ia menyampaikan, Pemkot Bandung dalam waktu dekat juga akan menambahkan tiga jalur sepeda baru di beberapa titik. Meski begitu, rencana itu masih akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pihak terkait lainnya. 

"Insya Allah dari tujuh titik ini nanti akan ditambah tiga jalur baru pada 2021mendatang. Kilometer kita sedang hitung, mudah-mudahan ini kita tambah beberapa kilometer lebih dari lima kilo," ujar Ricky.

2. Penggunaan sepeda diklaim bisa mengurangi kemacetan

Demam Sepeda Makin Menjadi, Dishub Kota Bandung Bikin Tiga Jalur BaruIlustrasi (Pixabay)

Adapun untuk anggaran yang saat ini sudah direncanakan, yakni berkisar Rp2,2 miliar. Ia berharap agar keberadaan jalur sepeda dapat memudahkan masyarakat yang ingin bersepeda di Kota Bandung.

"Penyediaan jalur khusus sepeda sejalan dengan program Wali Kota Bandung tentang bersepeda ke kantor untuk meminimalisir polusi dari kendaraan bermotor," ungkapnya.

3. Siswa-siswi akan diminta menggunakan sepeda ke sekolah

Demam Sepeda Makin Menjadi, Dishub Kota Bandung Bikin Tiga Jalur BaruANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Selain itu, ia mengatakan, banyaknya jalan sepeda yang dibangun diharapkan dapat mengurangi dampak kemacetan yang selama ini sering terjadi di beberapa pusat perkotaan.

"Nanti kita juga akan melakukan sosialisasi ke sekolah untuk program back to school. Di mana nanti siswa-siswi datang ke sekolah bisa menggunakan sepeda," katanya.

4. Bike to Work dukung kebijakan Pemkot Bandung

Demam Sepeda Makin Menjadi, Dishub Kota Bandung Bikin Tiga Jalur Baruhttps://www.greeners.co

Di tempat yang sama, Ketua Bike to Work Indonesia, Poetoet Soedarjanto mengatakan, sampai saat ini Pemkot Bandung sudah banyak mendukung pengguna sepeda dengan memberikan layak ruang khusus sepeda.

Adapun pihaknya sudah membangun rumah sepeda Indonesia di beberapa titik termasuk di Kota Bandung yang memenuhi kriteria. Menurutnya, Bike to Work Indonesia juga akan membangun rumah sepeda serupa di beberapa kota lainnya.

"Misi kami meningkatkan jumlah pesepeda, salah satu cara kami membangun sekretariat bersama yaitu RSI di Jalan Sumbawa, Kota Bandung. Ini wadah berkumpulnya teman-teman penggiat sepeda apa pun klubnya," kata dia.

"Ini juga sebagai tempat untuk mengajak masyarakat membuat sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari," tambahnya.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Tas Sepeda Lipat, Bisa untuk Bike to Work

Baca Juga: Penggagas Bike To Work: Pedestrian Bisa Ubah Kebiasaan Warga

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya