6 Hari Wafatnya Eril, Gedung Pakuan Masih Gelar Pengajian

Kegiatan Ridwan Kamil masih dibatasi

Bandung, IDN Times - Meninggalnya putra Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril sudah masuk hari ke enam. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar menyatakan bahwa keluarga masih dalam kondisi berduka dan tetap akan menggelar pengajian sekaligus takziah untuk Eril.

Juru Bicara Pemerintah Provinsi Jabar, Wahyu Mijaya mengatakan, kondisi Gubernur Jabar sendiri saat ini sudah mulai beraktivitas seperti biasa. Hanya saja, beberapa kegiatan masih diberikan pembatasan.

"Hari ini Pak Gubernur rencananya selain menerima Pak Zulklifi Hasan, Pak Hatta Rajasa, dan rombongan lainnya, agenda selanjutnya akan memantau pelaksanakaan pendaftaran PPDB 2022 di Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar. Kemudian nanti juga melaksanakan pengajian serta takziah yang terjadwalkan," ujar Wahyu, Selasa (7/6/2022).

1. Kegiatan Ridwan Kamil disesuaikan

6 Hari Wafatnya Eril, Gedung Pakuan Masih Gelar Pengajianinstagram.com/emmerilkahn

Kemudian, Wahyu menjelaskan bahwa semua kegiatan Gubernur Jabar akan disesuaikan secara bertahap. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk memberi ruang duka yang kini tengah dirasakan gubernur atas wafatnya sang putra sulung di Swiss.

"(Kegiatan dibatasi) iya betul, jumlahnya kita coba sesuaikan terlebih dahulu untuk tidak langsung berkegiatan seperti semula dengan jumlah kegiatan yang terlalu banyak. Sementara kita sesuaikan terlebih dahulu," katanya.

2. MUI Jabar tetap izinkan pencarian Eril meski sudah disalatkan gaib

6 Hari Wafatnya Eril, Gedung Pakuan Masih Gelar PengajianInstagram.com/arkanaidan

Keluarga besar Ridwan Kamil sendiri menyarankan Eril wafat setalah berkonsultasi dengan para ulama di Jabar dan MUI Jabar pada Kamis (2/6/2022). Dari situ, MUI juga mengeluarkan surat imbauan agar seluruh masyarakat menggelar salat gaib.

Meski begitu, MUI Jabar tetap mengizinkan  pihak keluarga tetap melakukan ikhtiar pencarian Eril.

"Saya katakan kalau sudah yakin kita melakukan kewajiban adalah menyolatkan (salat gaib). Meski begitu, pencarian tetap dilakukan tidak masalah, sesuai keyakinan tadi," ujar Ketua Umum MUI Jabar, Rahmat Syafei, Kamis (2/6/2022).

3. KBRI Swiss masih gelar pencarian Eril

6 Hari Wafatnya Eril, Gedung Pakuan Masih Gelar Pengajianinstagram.com/emmerilkahn

Sedangkan, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad menyampaikan bahwa pencarian putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, di Sungai Aare, Swiss, akan tetap berlangsung meski perwakilan keluarga Gubernur Jabar pulang ke Indonesia.

"Walaupun nanti mungkin pihak keluarga kembali ke Bandung (Indonesia). Saya ingin menegaskan bahwa KBRI akan melanjutkan tugas-tugasnya dan menjadi contact person atau kontak yang dapat dihubungi, baik oleh pihak keluarga dan terutama untuk pemantau setempat," ucap Muliaman dalam jumpa pers virtual kepada awak media yang berada di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (6/6/2022).

KBRI Swiss sepenuhnya akan berkoordinasi secara intensif tentang upaya-upaya yang dilakukan terkait proses pencarian Eril, baik dengan pihak otoritas kepolisian setempat maupun keluarga Ridwan Kamil yang berada di Indonesia.

"Kami di Swiss akan terus melaksanakan tugas sebagai jembatan dan sekaligus memfasilitasi juga, saya kira ini penting komunikasinya yang terus dijaga otoritas setempat dan KBRI dan juga pihak keluarga," katanya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Akui Hancur Kehilangan Eril: Dia Pahlawan Tolong Adiknya

Baca Juga: Atalia Curhat Rindu Eril: Ril, Kamu di Mana? Sini Pulang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya