Comscore Tracker

16 Siswa Positif COVID, Sekda: Krida Nusantara Gelar PTM Tanpa Izin

Pemkot Bandung mengaku kecolongan dengan kasus ini

Bandung, IDN Times - Kasus penularan virus corona atau COVID-19 di lingkungan sekolah SMAT Krida Nusantara menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota Bandung. 

Terlebih, kegiatan sekolah yang dilakukan SMAT Krida Nusantara dalam melakukan masa basis atau pembinaan terhadap siswa baru digelar tanpa izin dari Satgas COVID-19 Kota Bandung. Dalam kasus ini, 16 siswa dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 saat mengikuti masa basis yang berlangsung pada 15 Maret 2021, lalu. 

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, kegiatan masa basis yang dilakukan SMAT Krida Nusantara dan menimbulkan kasus 16 siswa positif terinfeksi COVID-19 digelar tanpa izin.

"Selama ini tidak pernah ada izin untuk SMAT Krida Nusantara menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). Untuk itu mereka diminta menghentikan semua kegiatan pendidikam karena tidak sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini," tegas Ema di Balai Kota Bandung, Senin (29/3).

1. SMAT Krida Nusantara diminta hentikan seluruh kegiatan sekolah

16 Siswa Positif COVID, Sekda: Krida Nusantara Gelar PTM Tanpa IzinIDN Times/istimewa

Ema menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sekolah dan meminta untuk segera menghentikan seluruh kegiatan. Sebab, kata dia, kondisi pandemik yang terjadi di Kota Bandung masih cukup rawan.

"Ini jangan diulang. Koordinasi dengan satgas jika ada kegiatan. Jangan curi-curi dibelakang, kami jadi kecolongan," ujar Ema.

2. Belum ada sekolah di Kota Bandung yang diizinkan melakukan tatap muka

16 Siswa Positif COVID, Sekda: Krida Nusantara Gelar PTM Tanpa IzinIlustrasi aktivitas di sekolah. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Ema mengungkapkan, hingga saat ini Pemerintah Kota Bandung belum mengizinkan seluruh kegiatan sekolah mulai dari tingkat TK hingga kuliah untuk melakukan kegiatan pendidikan. Sebab, kondisi pandemik yang terjadi masih cukup rawan terhadap para siswa.

"Kami telah melakukan peneguran secara lisan belum sanksi, yang jelas yang harus segera dibereskan adalah persoalan kepulangan siswa, sebelum penularan semakin menyebar. Karena, kami pun kecolongan bisa terjadi hal ini, mereka melakukan kegiatan tatap muka tanpa sepengetahuan kita," paparnya.

3. Kegiatan tatap muka akan ditentukan setelah semua aman

16 Siswa Positif COVID, Sekda: Krida Nusantara Gelar PTM Tanpa IzinIDN Times/Yogi Pasha

Ema mengungkapkan, kasus 16 siswa SMAT Krida Nusantara yang positif terinfeksi COVID-19 akan menjadi pertimbangan Pemkot Bandung dalam mengeluarkan kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) yang wacananya dilakukan pada Juli 2021, mendatang.

"Kalau memang mau dilaksanakan semua harus clear dulu. Siswa juga harus clear. Emangnya yang kena COVID-19 itu semua usianya di bawah, balita? kan tidak. COVID-19 tidak mengenal usia," ungkap Ema.

Karena itu, kata dia, sebelum memberikan izin melakukan PTM, Pemkot Bandung akan menggelar diskusi bersama seluruh pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan. "Leading sector dinas pendidikan. Nanti disdik yang akan mengundang semuanya dan kami selaku satgas akan menanyakan," ujar dia.

Baca Juga: 16 Siswa Krida Nusantara Positif COVID-19

Baca Juga: Yana Mulyana: Siswa Positif COVID di Krida Nusantara Pulangkan Dulu 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya