Comscore Tracker

Kimia Farma Tingkatkan Produksi Obat COVID Jadi 2 Juta Per Hari  

Sebelumnya hanya 250 ribu tablet diproduksi setiap harinya

Kabupaten Bandung, IDN Times - Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo mengatakan, perusahaannya telah meningkatkan kapasitas produksi obat terapi COVID-19, hal tersebut dilakukan sebagai bukti dukungan terhadap upaya pemerintah untuk mencukupi stok obat. Selain itu, ia pun menyadari bahwa permintaan akan obat terapi COVID-19 saat ini memang terbilang tinggi.

Verdi Budidarmo mengatakan, sebelumnya kapasitas produksi obat tersebut hanya 250 ribu per hari, namun sejak minggu kemarin ia menyebutkan sudah ditingkatkan target per harinya menjadi 2 juta target per harinya.

"Tadinya produksi untuk obat terapi COVID-19 itu hanya 250 ribu target per hari, mulai minggu kemarin kita tingkatkan menjadi 2 juta per hari. Itu untuk mencukupi stok kita," ujar Verdi Budidarmo, di pabrik obat PT. Kimia Farma yang berada di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung, Kamis (29/7/2021).

1. Sebelumnya kapasitas produksinya memang relatif sedikit yaitu hanya 250 ribu target per harinya

Kimia Farma Tingkatkan Produksi Obat COVID Jadi 2 Juta Per Hari  IDN Times/Aris Darussalam

Dirinya pun mengakui, sebelumnya kapasitas produksinya memang relatif sedikit. Setelah ada protocol terapi dari tim persatuan dokter Indonesia perusahaannya melakukan perubahan kebijakan.

“Memang pada saat kemarin kita produksinya relatif sedikit hanya 250 ribu target per hari, pada saat itu ada perubahan protokol terapi mengikuti dari tim persatuan dokter Indonesia maka kami melakukan perubahan kebijakam terhadap peningkatan kapasitas produksi,” kata Verdi.

2. Peningkatan kapasitas produksi melibatkan Industri farmasi swasta lainnya sebanyak 1,5 juta target per harinya

Kimia Farma Tingkatkan Produksi Obat COVID Jadi 2 Juta Per Hari  IDN Times/Aris Darussalam

Ia pun mengatakan, dalam peningkatan kapasitas produksi juga pihaknya melibatkan Industri farmasi swasta lainnya yang ada didalam negeri dengan jumlah 1,5 juta pehari, sehingga kebutuhannya akan lebih terpenuhi.

"Kita juga libatkan pabrik-pabrik atau industri swasta farmasi lainnya untuk memenuhi kebutuhan pasar lndonesia, 2 juta butir dari Kimia Farma, dan 1,5 juta dari pabrik obat lainnya. Sehingga kita harapakan dengan diproduksinya 3,5 juta per hari, maka kebutuhan obat akan terpenuhi," tutur Verdi

3. Kimia Farma memastikan produksi avigan ini sesuai dengan standard yang ditentukan WHO

Kimia Farma Tingkatkan Produksi Obat COVID Jadi 2 Juta Per Hari  IDN Times/Aris Darussalam

Dengan ditingkatkannya kapasitas produksi, ia pun berharap kelangkaan obat virus korona di masyarakat bisa diselesaikan. Verdi Budidarmo memastikan produksi avigan ini sesuai dengan standard yang ditentukan WHO.

"Tentunya kami kan tidak terlepas dari pada apa yang di tentukan oleh WHO yang berwenang menentukan protokol terapi. Jadi kita tetap mengikuti sesuai dengan bukti bukti ilmiah terkini yang ada dan kita update terus," kata Verdi.

4. Satgas COVID-19 DPR RI meminta jangan hanya kibarkan bendera putih tapi bendera merah putih

Kimia Farma Tingkatkan Produksi Obat COVID Jadi 2 Juta Per Hari  IDN Times/Aris Darussalam

Sebelumnya Wakil Ketua DPR RI Sekaligus Koordinator Satgas DPR RI Lawan COVID-19 Sufmi Dasco Ahmad saat menyambangi pabrik obat PT. Kimia Farma mengatakan, saat ini PT. Kimia Farma sudah meningkatkan kapasitas produksi obat terapi COVID-19 bernama Favipiravir.

Selain Favipiravir ia pun mengatakan, Kimia Farma juga sedang menunggu hasil uji klinis ketiga obat COVID-19 lainnya pada Oktober 2021 mendatang, yakni Molnupiravir.

"Ada lagi obat Molnupiravir itu adalah obat COVID-19 kalau ada yang COVID-19 dikasih minum itu tidak dicampur-campur dengan yang lain-lain," ujar Dasco.
 
Dengan perkembangan ini, Dasco berharap pandemi COVID-19 bisa segera berakhir dengan hadirnya obat tersebut.

"Nah itu kabar gembira buat dunia kesehatan kita, buat rakyat Indonesia, jangan kibarkan bendera putih tapi kibarkan bendera merah putih" tuturnya.

Baca Juga: Gak Kuat PPKM, Hotel-Resto di Kabupaten Bandung Kibarkan Bendera Putih

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya