TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Nelayan Pangandaran Panen Ikan Ditengah Ancaman Cuaca Buruk  

Ikan kualitas ekpsor mendominasi hasil tangkapan

IDN Times / Nana Suryana

Pangandaran, IDN Times - Musim ikan tahun ini menjadi tantangan bagi para nelayan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Ditengah peringatan hasil tangkapan, ancaman angin dan gelombang tinggi mengintai setiap hari.

"Bulan-bulan ini memang memasuki masa panen ikan, tapi juga terlampau buruk cuaca buruk, angin kencang dan gelombang tinggi yang mengganggu aktivitas nelayan," tutur Datam Sutarjo, Sekretaris koperasi nelayan KUD Minasari kepada IDN Times, Rabu (02/08/2020).

Nelayan yang melaut udah harus mengurangi jarak tempuh dan waktu agar tidak terjebak angin kencang dan gelombanh tinggi. "Nelayan yang paling terdampak itu menggunakan perahu kecil, kalau cuaca buruk ya tidak berangkat," ujarnya.

1. Hasil penjualan ikan di TPI meningkat

IDN Times / Nana Suryana

Selama Agustus 2020, raman atau nilai transaksi penjualan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kabupaten Pangandaran mengalami peningkatan sekitar Rp. 800 juta. "Raman di bulan Agustus mencapai Rp. 3,8 miliar, naik dari bulan sebelumnya sebanyak Rp. 3 miliar," kata Datam.

Kenaikan penjualan ikan kemungkinan masih akan terjadi jika kondisi cuaca membaik. "Mudah-mudahan saja cuaca bagus sehingga banyak nelayan yang melaut," ujarnya.

2. Ikan dan udang kualitas ekspor menjadi andalan

IDN Times / Nana Suryana

Kegiatan harian bongkar dan lelang ikan di pelabuhan pendaratan ikan kerap ramai setiap hari.  Hasil tangkapan nelayan Pangandaran dengan alat tangkap gill net, rawai dasar dan liong bun didominasi oleh ikan-ikan kualitas ekspor seperti Kakap, Layur, Bawal dan Manyung.

"Dari satu TPI total produksinya sehari ada yang sampai 2 ton dengan transaksi mencapai lima puluh juta," ujarnya.

Dikatakan Datam, satu kapal bisa menghasilkan tangkapan ikan puluhan juta saat musim ikan. "Hasil tangkapan yang stabil itu udang, hampir setiap hari ada," ungkapnya.

Berita Terkini Lainnya