TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kata Mbah Mijan dan Ramalan Jitu soal Erupsi Gunung Tangkuban Parahu

Dia pernah meramal erupsi 2019 pada 2018

IDN Times/Galih Persiana

Bandung, IDN Times - "Coba aku buka file-ku dulu," kata Mbah Mijan, sapaan bagi Samijan, seorang paranormal kondang Indonesia, ketika ditanya IDN Times soal ramalannya terkait erupsi Gunung Tangkuban Parahu. Seperti yang muncul di berbagai pemberitaan nasional, Mbah Mijan mengklaim dirinya mampu menerawang masa depan.

Sebelum menjawab pertanyaan IDN Times, Mbah Mijan beberapa menit terpaku pada ponsel pintarnya. Ia terlihat menggeser-geser halaman Google, sembari mencari pemberitaan terkait prediksi erupsi gunung di Indonesia pada 31 Desember 2018.

Sampailah ia pada sebuah halaman berita salah satu media nasional, yang mencatat berbagai prediksinya selama 2019.

1. Tahun Kolo Geni

IDN Times/Galih Persiana

Kepada wartawan di akhir Desember 2018, Mbah Mijan menyebut bahwa tahun 2019 bakal dilalui Indonesia dengan banyak bencana alam. Hal tersebut merupakan hasil dari penerawangannya.

Maka, tak heran jika pada akhir 2018, Mbah Mijan menamai tahun 2019 sebagai Tahun Kolo Geni. "Kolo itu dapat diartikan musibah, sementara geni itu api. Jadi artinya musibah api," kata dia, kepada IDN Times di Kota Bandung, Jumat (2/8).

2. Kolo geni sarat dengan musibah api

IDN Times/Galih Persiana

Sesuai namanya, lanjut Mbah Mijan, kolo geni sarat dengan musibah yang melibatkan api. "Misalnya amarah, potensi gunung meletus, itu sangat tinggi. Kekeringan juga sanga tinggi," kata Mbah Mijan, sambil membaca kembali salinan pemberitaan pada 31 Desember 2018.

Tak hanya itu, dalam penerawangannya, Mbah Mijan juga membaca bahwa pada 2019 Indonesia bakal mengalami kebakaran hutan.

Baca Juga: Baru Dibuka Untuk Umum, Tangkuban Parahu Kembali Erupsi

3. Tidak hanya Gunung Tangkuban Parahu

IDN Times/Galih Persiana

Meski demikian, Mbah Mijan mengatakan bahwa hasil penerawangannya tak hanya menunjuk Gunung Tangkuban Parahu saja yang bakal mengalami erupsi, melainkan juga gunung-gunung lainnya. Dia menyebut Gunung Merapi, Kelud, sampai gempa bumi yang melanda Bali.

"Ada beberapa gunung lain yang diprediksi bakal 'bersin'," katanya.

Baca Juga: Tetap Waspada, Gunung Tangkuban Parahu Masih Berpotensi Erupsi

4. Akan ada hal mengejutkan terkait gelombang laut

Foto: Shutterstock.com

Meski separuh 2019 telah terlampaui, Mbah Mijan berharap masyarakat tetap waspada pada bencana alam. Selain soal Kolo Geni, Mbah Mijan juga memprediksi bahwa pada November dan Desember 2019 laut Jawa Barat, Tengah, Timur, dan DKI Jakarta, bakal mengalami bencana.

"November dan Desember akan ada hal mengejutkan yang berhubungan dengan gelombang," kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] Status Gunung Tangkuban Parahu Kini Waspada

Berita Terkini Lainnya