Harapan Jokowi pada Timnas U-17: Semoga Bisa Masuk Final

Jalak direncanakan jadi salah satu stadion untuk Pildun U-17

Bandung, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo meninjau Stadion Si Jalak Harupat (SJH) di Kabupaten Bandung pada Rabu (12/7/2023). Dia meninjau kesiapan stadion yang bakal dipakai untuk Piala Dunia U-17, November 2023.

Jokowi didampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, serta Menteri Sekretaris Kabinet (Mensesneg) Pramono Anung.

Rombongan presiden tiba di SJH sekitar pukul 09.30 WIB. Ia datang setelah sebelumnya mengunjungi Pasar Cihapit, Kota Bandung untuk membagikan bantuan.
Setibanya di stadion, Jokowi langsung memantau kondisi infrastruktur dan bertegur sapa dengan para pemain yang mengikuti seleksi Timnas U-17. Ia pun melihat langsung kondisi rumput stadion berstandar Internasional.

"Pagi hari ini saya datang ke Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat yang pertama tujuan untuk melihat renovasi stadion si Jalak Harupat yang telah selesai dilakukan oleh Kementerian PUPR," kepada wartawan seusai meninjau Stadion Si Jalak Harupat.

Selain itu dia juga ingin secara langsung melihat meninjau proses seleksi pemain untuk Piala Dunia U-17.

1. Minimal lolos penyisihan lah

Harapan Jokowi pada Timnas U-17: Semoga Bisa Masuk Final

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun berharap Timnas Indonesia bisa tampil bagus dalam perhelatan internasional tersebut. Orang nomor satu di Indonesia itu pun tak muluk-muluk saat berharap untuk Timnas Indonesia U-17.

“Ya, yang pertama bisa masuk penyisihan, syukur bisa masuk final, syukur bisa (menjadi) juara,” ucapnya.

2. Pengecekan lapangan bakal dilakukan kembali

Harapan Jokowi pada Timnas U-17: Semoga Bisa Masuk Final

Jokowi menuturkan bahwa terpilihnya Indonesiasebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 diputuskan dalam sidang FIFA Council di Zurich, Swiss.
FIFA menunjuk Indonesia untuk menghelat turnamen tersebut setelah Peru memutuskan untuk mundur.

Indonesia mengajukan sekitar delapan stadion sebagai venue Piala Dunia U-17. Salah satu stadion yang disiapkan adalah Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung. Adapun sebelumnya, Stadion Si Jalak Harupat (SIJH) sudah disiapkan sebagai venue untuk perhelatan Piala Dunia U-20 2023.

“(Ada) enam sampai delapan stadion, tetapi nanti sekali lagi, ini ada proses dicek FIFA yang mana yang akan ditentukan sehingga yang menentukan sekali lagi adalah FIFA, kami hanya menyiapkan saja,” kata Jokowi.

3. Puji langkah PSSI dan tim kepelatihan timas

Harapan Jokowi pada Timnas U-17: Semoga Bisa Masuk Final

Jokowi pun memuji Ketua Umum PSSI Erick Thohir usai meninjau proses seleksi tim nasional U-17 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu, sebagai persiapan menghadapi Piala Dunia U-17.

Di bawah pimpinan Erick Thohir, menurut Jokowi, kini ada perubahan total di tubuh PSSI. Salah satunya dengan adanya seleksi timnas sehingga anak-anak muda Indonesia bisa memiliki kesempatan untuk berkompetisi di ajang internasional.

"Saya kira manajemen di bawah PSSI dan di bawah Pak Erick Thohir ada sebuah perubahan total sehingga saya ingin melihat," kata Jokowi.
Menurutnya proses seleksi seperti yang dilakukan itu patut diapresiasi. Selain di Bandung, seleksi Timnas U-17 juga bakal dilakukan di sembilan kota lainnya di Indonesia.

"Saya tanya coach Bima Sakti, berapa yang diseleksi? Hari ini 187 pemain dan tidak tahu berapa yang akan diambil. Kalau bagus semua ya diambil 187. Satu, dua, tiga, gitu, diambil," kata Presiden.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya