Jokowi Datangi Pabrik Ikon Garuda Istana Kepresidenan IKN

Presiden pastikan pembangunan IKN Nusantara sesuai target

Bandung, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mendatangi langsung ruang kerja Seniman I Nyoman Nuarta di Setra Duta Regency, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (12/7/2023).

Kedatangan Presiden Jokowi bertujuan untuk mengecek langsung pabrik pembuatan ikon burung garuda untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dalam kunjungan ini, Jokowi turut berbincang langsung dengan Nyoman Nuarta.

"Saya datang ke pabriknya Pak Nyoman Nuarta untuk memastikan bahwa pembangunan IKN utamanya Istana Kepresidenan itu berjalan sesuai dengan waktu," ujar Jokowi.

1. Progres pembangunan IKN berjalan sesuai rencana

Jokowi Datangi Pabrik Ikon Garuda Istana Kepresidenan IKNDokumentasi Kementerian PUPR

Berdasarkan tinjauan langsung di pabrik Nyoman Nuarta, Jokowi memastikan pengerjaan untuk Istana kepresidenan terus berproses. Dia juga meyakini pengerjaan akan diselesaikan berdasarkan waktu yang telah ditentukan.

"Hingga saya cek di sini, semuanya, Insyaallah berjalan dengan baik sesuai dengan waktu yang kita targetkan," ucapnya.

2. Jokowi cek langsung proses pembuatan ikon IKN

Jokowi Datangi Pabrik Ikon Garuda Istana Kepresidenan IKNDesain Istana IKN oleh Nyoman Nuarta (instagram.com/nyoman_nuarta)

Beberapa yang dicek oleh Presiden Jokowi yaitu material yang akan dipasang di Istana Kepresidenan. Adapun pembangunan IKN sendiri saat ini memang tengah difokuskan untuk kantor dan Istana Kepresidenan.

"Saya bisa melihat langsung lapangannya baik pengelasan kuningan nuansa, pewarnaan, dan lain-lain supaya nanti bisa sesuai dengan lapangan," katanya.

3. Jokowi rencanakan cek langsung IKN Nusantara dalam waktu dekat

Jokowi Datangi Pabrik Ikon Garuda Istana Kepresidenan IKNProsesi tanah dan air Gentong Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto YouTube Biro Pers, Media Kepresidenan

Presiden Jokowi sendiri belum memastikan waktu untuk meninjau kembali kondisi terkini pengerjaan IKN Nusantara. Dia memastikan, semua pengerjaan terus berjalan, jajaran kementerian juga terus melakukan monitoring pada proyek ini.

"Iya mungkin sebelum Oktober. Tapi kan menteri setiap hari ke sana dan selalu melaporkan kepada saya," kata dia.

Untuk diketahui, pemerintah membuat rencana pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur mulai tahun 2022 hingga 2045. Tahapan pembangunannya dibagi menjadi lima tahap.

Tahap pertama pada 2022–2024 fokus pembangunan pada infrastruktur dasar mulai dari penyediaan air minum, ketenagalistrikan hingga pengelolaan limbah. Tahap II pada 2025-2029, yakni pembangunan area inti. Seperti fasilitas transportasi umum baik primer maupun sekunder.

Pembangunan tahap III pada 2030-2034 meliputi pengembangan kawasan-kawasan industri dan sektor lainnya. Sementara tahap IV dan V masing-masing dilakukan pada 2035-2039 dan 2040-2045. Di tahap akhir IKN mencapai net zero-carbon emission dan seratus persen energi terbarukan, pengembangan industri berkelanjutan.

Baca Juga: Momen Presiden Jokowi Bertemu Kembarannya di Pasar Cihapit Bandung

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu, Termegah di Indonesia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya