TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Satu Orang Meninggal Akibat Keracunan Massal di Lembang

Jumlah korbal keracunan capai 200 orang

Ilustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Bandung, IDN Times - Seorang warga yang menjadi korban keracunan masssal di Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, meninggal dunia.

Tarmah Tarmanah (71 tahun) dinyatakan meninggal dunia di rumahnya di Kampung Cijengkol pada Rabu (1/3/2023) pagi.

"Salah satu warga kami yang kena dampak dari keracunan kemarin atas nama ibu Tarmah 71 tahun meninggal dunia pada hari ini tadi sekitar jam 07.58 WIB,” ungkap Kepala Desa Wangunsari, Diki Rohani, saat dihubungi wartawan.

1. Korban dapat makanan yang dikirim ke rumah

gudeg (commons.wikimedia.org/Riza Nugraha)

Warga tersebut mengalami gejala keracunan setelah mengonsumsi makanan dari pesta perkawinan yang digelar pada Minggu (26/2/2023). Makanan dalam acara tersebut seperti rolade, sop, dan bistik.

Tak lama setelah mengkonsumsi makanan tersebut, Tarman mulai mengeluhkan gejala mual dan diare. "Yang bersangkutan tidak hadir di hajatan. Tapi dapat mendapat makanan karena bagian dari keluarganya," ujarnya.

Setelah diperiksa, Tarmah memiliki riwayat penyakit hipertensi yang juga menjadi pemicu gangguan keracunan itu semakin parah.

"Memang ibu ini sudah lama sakit-sakitan. Ada rekam medik beberapa kali ke rumah sakit, yang bersangkutan memiliki riwayat darah tinggi atau hipertensi," kata Diki.

2. Sempat dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan

IDN Times/Istimewa

Diki menjelaskan, petugas kesehatan dan pihak keluarga sempat membawa pasien ke rumah sakit pada Selasa (28/2/2023). Namun yang bersangkutan berontak dan menolak untuk melanjutkan perawatan di rumah sakit.

"Menjelang malam beliau ingin memaksa pulang, dan atas permohonan dan persetujuan keluarga, beliau diperbolehkan pulang dan bisa sampai ke rumah. Tetapi tepatnya sekitar pukul 07.58 WIB kami dapat kabar beliau meninggal dunia,” papar Diki.

Baca Juga: 217 Orang Keracunan Massal, Bupati Hengky Duga Sanitasi Warga Buruk

Baca Juga: 27 Tempat Wisata di Bandung 2023 Terbaru dan Paling Favorit

Berita Terkini Lainnya