Deteksi Kebocoran, Supra dan Perumda Tirta Giri Nata Cirebon Gandeng KOICA

Gunakan teknologi terkini dari Korea Selatan untuk deteksi kebocoran

Bandung, IDN Times - PT SUPRA Internasional Indonesia (SUPRA) dan Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon menjalin kerja sama yang erat dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan WI.Plat Co., Ltd dalam agenda pendeteksian kebocoran dengan memanfaatkan teknologi terbaru.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan di Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon sebagai langkah awal kerja sama yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan air dan mengurangi kerugian air di wilayah ini.

Program yang diinisasi oleh KOICA dengan nama Program CTS 2 ini menargetkan pendeteksian kebocoran air di Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon.

1. Terus berupaya tingkatkan pelayanan kepada pelanggan

Deteksi Kebocoran, Supra dan Perumda Tirta Giri Nata Cirebon Gandeng KOICAIDN Times/Istimewa

Direktur Utama Perumda Tirta Giri Nata Kota Cirebon Sopyan Satari mengatakan, saat ini  sedang berusaha keras dalam menurunkan NRW dan berharap bahwa Program ini dapat meningkatkan kinerja dan penurunan NRW.

"Dalam rangka mencapai tujuan ini, kami menjalin kerja sama strategis dengan KOICA, sebuah lembaga kerja sama internasional yang berkomitmen dalam pengembangan infrastruktur air di Indonesia, serta WI.Plat Co., Ltd, perusahaan teknologi terkemuka dari Korea Selatan yang menawarkan solusi inovatif dalam pengelolaan air," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

2. Gunakan teknologi terkini dari Korea Selatan

Deteksi Kebocoran, Supra dan Perumda Tirta Giri Nata Cirebon Gandeng KOICAIDN Times/Istimewa

Ketua Dewan Pengawas Perumda Tirta Giri Nata Kota Cirebon Sumanto mengatakan, MoU ini adalah suatu upaya meningkatkan pelayanan Perumda Tirta Giri Nata Kota Cirebon kepada pelanggan dengan menekan persentase kebocoran yang cukup tinggi.

Program CTS 2 akan melibatkan penerapan teknologi terkini yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi terkemuka dari Korea Selatan dengan menawarkan solusi inovatif dalam pengelolaan air, WI.Plat Co., Ltd, dalam deteksi kebocoran air.

"Selain itu, program ini juga mencakup pelatihan dan kapasitasi sumber daya manusia di Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon untuk meningkatkan kompetensi dalam mengelola dan mengatasi masalah kerugian air," kata dia.

3. Turunkan target NRW dengan melakukan kerja sama dengan semua pihak

Deteksi Kebocoran, Supra dan Perumda Tirta Giri Nata Cirebon Gandeng KOICAIDN Times/Istimewa

Penandatanganan MoU ini merupakan langkah awal dari perjalanan panjang dalam penurunan NRW di Indonesia. SUPRA, Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon, KOICA, dan WI.Plat berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama ini dengan tindak lanjut yang konkret dan melibatkan semua pihak terkait guna mencapai target penurunan NRW yang ditetapkan.

Program CTS 2 ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi upaya penurunan NRW di Indonesia secara menyeluruh dan menjadi pendorong pengelolaan air yang efisien dan berkelanjutan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya