Kolese Kanisius Bikin Parents Day, Dihadiri 4.500 Peserta!

Ini adalah Parents Day pertama bagi Kolese Kanisius

Bandung, IDN Times – Kolese Kanisius untuk pertama kalinya menggelar acara Parents Day pada Minggu, 30 Juli 2023 dengan tema “One Family, One Vision”. Kegiatan ini terbilang sukses karena diikuti oleh 4.500 peserta yang terdiri dari orangtua, siswa, guru, dan karyawan Kolese Kanisius.

Acara diawali dengan acara fun walk dengan jarak sejauh 5 km melalui rute sekitar Jalan Thamrin dan Menteng, Jakarta, kemudian dilanjutkan dengan penampilan para siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler dan seni wajib.

Penampilan ini di antaranya meliputi Paduan Suara Canisius Wind Ensamble (CWE), band, teater, organis, strings, canimatografi, apresiasi film, cani English, gamelan, piano, vokal, hingga ansamble.

Selain menikmati pertunjukkan dari para siswa, pengunjung juga berhasil terhibur pameran-pameran hasil karya dan hasil belajar para siswa dalam seni lukis, komputer, KISS CC, Caniart, digital painting, proyeksi, fotografi, karya ilmiah, ITG, Canimass Media.

1. Mengenalkan visi dan misi baru dan mengapresiasi kemampuan peserta didik

Kolese Kanisius Bikin Parents Day, Dihadiri 4.500 Peserta!Sekolah Kolese Kanisius, Menteng, Jakarta Pusat (IDN Times/Aryodamar)

Direktur Kolese Kanisius, Thomas Gunawan Wibowo, menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini Kolese Kanisius ingin mengenalkan visi dan misi yang baru. Tak cuma itu, mereka juga ingin mengapresiasi para Kanisian untuk menampilkan bakat dan minat mereka di bidang seni.

Sarana ini diberikan bagi semua siswa agar dapat mengaktualisasikan diri dan menyalurkan bakat serta minat mereka yang mungkin tidak terakomodasi pada lomba-lomba yang diselenggarakan selama ini.

“Penampilan dan pameran para siswa ini ini juga sebagai bukti dan pertanggung-jawaban atas apa yang telah para siswa pelajari baik di dalam maupun di luar kelas di hadapan para orangtua,” tutur Thomas, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (3/8/2023).

2. Berharap ada kerja sama orangtua dan sekolah dalam pendampingan anak

Kolese Kanisius Bikin Parents Day, Dihadiri 4.500 Peserta!Kolese Kanisius Bikin Parents Day, Dihadiri 4.500 Peserta (IDN Times/istimewa)`

Di sisi lain, Thomas juga menjelaskan jika tema “One Family, One Vision” sengaja dipilih agar seluruh elemen di Kolese Kanisius menjadi keluarga besar dengan visi yang sama dalam mendidik para Kanisian.

Melalui kegiatan Parents Day 2023 ini, lanjut Thomas, ia berharap ada kualitas relasi dan kerja sama antara sekolah dan orangtua dalam mendampingi para siswa menuju visi-misi bersama Kolese Kanisius.

Hal ini sejalan dengan dokumen Karakteristik Pendidikan Yesuit yang dipromulgasikan 1987, pasal 8, poin 8.5 tentang orang tua yang berbunyi ‘Seringkali perlu diadakan komunikasi dan dialog terus menerus antara keluarga dan sekolah. Para orang tua terus menerus diberi informasi mengenai kegiatan sekolah; mereka diajarkan untuk bertemu dengan para guru guna membicarakan kemajuan anaknya'.

3. Jadi sarana siswa untuk mengekspresikan diri

Kolese Kanisius Bikin Parents Day, Dihadiri 4.500 Peserta!Kolese Kanisius Bikin Parents Day, Dihadiri 4.500 Peserta (IDN Times/istimewa)

Sementara itu, Ketua Panitia Canisius Collage Parents Day 2023, Agustinus Eko Andriyanto menjelaskan bahwa kegiatan Parents Day ini digelar para siswa Kolese Kanisius memiliki sarana untuk mengekspresikan diri, terutama setelah masa pandemi yang sebagian besar waktu mereka habiskan di rumah.

Agustinus juga berharap bahwa acara ini dapat mempererat dan mendekatkan semua pihak, tidak hanya orangtua dengan sekolah tetapi juga antar-orangtua dengan orangtua, dan antar-orangtua dengan anak mereka.

“Sebuah kebanggaan atas terslenggaranya kegiatan ini yang melibatkan selurung anggota komunitas Kolese Kanisius, guru, karyawan, orangtua, siswa, dan alumni terlibat dalam kegiatan ini,” kata Agustinus.

Baca Juga: Profil SMA Kolese Kanisius, Sekolah Terbaik di Jakarta Pusat

Baca Juga: Ini Alasan Alumni Kanisius Deklarasi Dukungan ke Jokowi-Ma'ruf

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya