TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemerintah Batalkan PPKM Level 3, Pemkot Bandung Menyesuaikan

Angka kasus disebut makin melandai di Indonesia

Wali Kota Bandung Oded M Danial. IDN Times/Humas Bandung

Bandung, IDN Times - Pemerintah Indonesia melalui Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengumumkan pembatalan kebijakan level 3 di semua daerah saat momen Natal dan Tahun Baru (nataru). Hal itu didasarkan pada melandainya angka konfirmasi aktif harian COVID-19.

Menanggapi pembatalan ini, Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, pihaknya bakal menyesuaikan aturan dengan kebijakan dari Pemerintah pusat.

"Yang namanya kebijakan dari pusat kita pelajari dulu, tapi pada prinsipnya kita menyesuaikan dengan pemerintah pusat," kata Oded di balai kota Bandung, Selasa (7/12/2021).

1. Jangan lengah meski prokes dilonggarkan

Kampanye Prokes di Stasiun Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Meski kebijakan PPKM Level 3 dibatalkan, Pemkot Bandung tidak akan mengendorkan pengawasan terhadap protokol kesehatan. Soalnya, potensi penyebaran virus corona masih ada dan memungkinkan kembali meningkat.

"Yang terpenting adalah pada prinsipnya kita siaga, itu yang penting. Soal labeling ya itu pusat melihat dari sisi pemantauan di nasional. Yang terpenting bagi kita adalah kewaspadaan kita di Kota Bandung," ujar dia.

2. Belum pastikan aturan baru

ilustrasi menjaga kebersihan diri agar tidak terinfeksi virus (unsplash.com/engin akyurt)

Oded menuturkan, Pemkot Bandung belum menentukan kebijakan final terkait perlakuan di momentum nataru. Oded memilih untuk meninjau kembali kebijakan hasil ratas terkait PPKM Level 3 di momen nataru yang telah dilaksanakan pada Jumat, 3 Desember 2021.

"Udah jadi perwal, kita evaluasi dulu, bukan makan cengek (bukan makan cabe) atuh euy. Kita kaji dulu seperti apa, kita sudah mengeluarkan kebijakan, berjalan dulu, kita lihat kebijakan, baru kita akan evaluasi," katanya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Pemerintah Batal Berlakukan PPKM Level 3 Seluruh Indonesia

Baca Juga: Libur Nataru 2022, Pemkot Bandung Ingin Terapkan PPKM Level 3 

Baca Juga: Luhut Sentil Bar di Bandung, Sekda Ema: Jangan Sampai Level PPKM Naik

Berita Terkini Lainnya