Rocky Gerung Dianggap Hina Presiden, AHY: Demokrasi Harus Kita Jaga

AHY sebut demokrasi harus tetap memiliki batasan

Bandung, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turut memberikan tanggapan soal kritik akademisi Rocky Gerung yang diduga bernada hinaan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

AHY mengatakan, pada dasarnya warga negara memiliki hak demokrasi dan ruang berekspresi. Namun, semua itu tentunya sudah diberikan aturan melalui Undang-undang.

"Kita adalah negara demokrasi, tidak boleh ada yang takut berbicara di negerinya sendiri, meski tentu ada koridornya, ada UU yang kita jadikan sebagai acuan," ujar AHY di Bandung, Sabtu (5/8/2023).

1. Negara jangan membelenggu hak demokrasi

Rocky Gerung Dianggap Hina Presiden, AHY: Demokrasi Harus Kita Jaga(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurutnya, regulasi lewat UU ini dimaksudkan sebagai alarm agar hak demokasi dan berekspresi ini tetap di jalur yang benar. AHY mengatakan, masyarakat bebas menyampaikan hak dan pendapat sesuai dengan aturan yang ada.

"Ini saya sampaikan ke berbagai kalangan di kampus, pada teman-teman mahasiswa, aktivis, jurnalis, bayangkan kalau kita semua takut bicara, rasanya ya kita tidak demokratis, ya kita seperti terbelenggu di negerinya sendiri," katanya.

2. Hak demokrasi disampaikan sesuai tempatnya

Rocky Gerung Dianggap Hina Presiden, AHY: Demokrasi Harus Kita JagaKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono melakukan safari Ramadan (dok. Partai Demokrat)

Dengan hak demokrasi dan berekspresi dilindungi, AHY mengatakan, masyarakat tinggal memahami ruang mana saja yang tepat untuk melakukan hak-haknya. Sebab, semua tindakan itu harus dilakukan sesuai pada tempatnya.

"Jadi, saya merasa, sesuatu itu kita tempatkan pada tempatnya, spiritnya demokrasi harus kita jaga, tapi juga kita harus tetap memperhatikan stabilitas kehidupan bermasyarakat dan bernegara," katanya.

3. AHY tidak setuju kebebasan yang absolut

Rocky Gerung Dianggap Hina Presiden, AHY: Demokrasi Harus Kita JagaKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono safari politik ke Cimahi (dok. Demokrat)

AHY menambahkan, penindasan pada hak demokrasi jangan juga disalahgunakan dengan mengatasnamakan stabilitas negara, dan pembangunan. Pemerintah tetap harus berikan ruang itu terhadap masyarakat.

"Saya tidak setuju kalau ada kebebasan yang absolut atau kebebasan yang tanpa batas, karena itu juga akan merusak, dan pada akhirnya juga akan merugikan kita semuanya," kata dia. 

Baca Juga: Bareskrim Polri Ambil Alih 12 Laporan Kasus Rocky Gerung

Baca Juga: Alasan Polda Metro Terima Laporan Dugaan Rocky Gerung Hina Jokowi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya