TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dana BLT untuk Sejuta UMKM di Jabar Segera Cair

Siap-siap nih yang kemarin daftar bakal dapat kayanya

Dok.IDN Times/Istimewa

Bandung, IDN Times - Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jabar bisa bernafas lega. Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dijanjikan pemerintah akan segera disalurkan dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar Kusmana Hartadji menuturkan surat keputusan (SK) untuk 1.028.000 UMKM sebagai penerima Bantuan BLT Rp2,4 juta sudah turun dari pemerintah pusat.

"SK-nya kemarin menurut info dari pusat ada beberapa tahap. Yang dikirim baru sampai tahap 4. Nanti katanya, akan dikirim tahap ke 5 dan 6," ujar Kusmana saat dihubungi wartawan, Selasa (15/9/2020).

1. Pemberian bantuan untuk UMKM dibagi dalam beberapa tahap

IDN Times/Wayan Antara

Tutus, sapaan akrabnya menjelaskan, pembagian bantuan untuk pelaku UMKM memang tidak bisa cair sekaligus. Terdapat beberapa tahapan di mana pembagian dibagikan sesuai pihak penyalur yang dipercaya pemerintah.

Untuk tahap I usulan dari BRI, tahap II dari PNM, tahap III dari KUK Provinsi, dan tahap ke 4 usulan dari koperasi.
Menurut dia, tahapan untuk pencarian memang tidak mudah terlebih KUK Jabar pun memberikan usulan penerima BLT secara bertahap.

"Kami juga mengusulkannya bertahap. Jadi dari awal pendataran sampai Oktober targetnya ada 9,1 juta UMKM yang dibantu. Sementara, menurut informasi pemerintah targetnya bisa membantu 12 juta pelaku," katanya.

2. Tambahan bantuan bagi 12 juta UMKM belum jelas

instagram.com/warpinsukamulya

Namun, terkait informasi akan ada tambahan lagi menjadi 12 juta UMKM hingga saat ini belum ada kepastian. Sejauh ini pemerintah sudah menyiapkan sampai Oktober yakni 9,1 juta pelaku usaha

Untuk target UMKM penerima BLT di Jabar, Tutus mengatakan, pihaknya berencana membantu dua juta UMKM. Meskipun sampai sekarang jumlah UMKM yang mengajukan bantuan lebih dari angka tersebut, di mana data yang diajukan dari dinas KUK sebanyak 1,5 juta, dari PNM sebanyak 1 juta, dan ada tambahan dari BRI.

"Tapi, ya baru muncul SK nya 1 028.000. Mudah-mudahan Jabar SKnya tambah lagi. Kami juga sudah menerima laporan dari kabupaten/kota ada beberapa UMKM yang mengaku bantuannya sudah masuk ke rekening mereka," katanya.

Berita Terkini Lainnya