Panji Gumilang Jadi Tersangka, MUI Jabar Waspadai Gerakan Penolakan

MUI Jabar berharap langkah hukum berjalan lancar

Bandung, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat turut memberikan tanggapan usai Mabes Polri menetapkan pimpinan pondok pesantren (Ponpes) Al-Zaytun, Panji Gumilang, sebagai tersangka kasus penistan agama.

Sekretaris MUI Jabar, Rafani Achyar mengatakan, berdasarkan diskusi dan kajian mengenai Ponpes Al-Zaytun, ada indikasi pelanggaran pidana yang telah dilakukan Panji Gumilang.

"Kami dari MUI Jawa Barat merasa bergembira, bersyukur ditetapkan tersangka, karena itu diharapkan sejak awal," kata Rafani saat dihubungi, Rabu (2/8/2023).

1. Mabes Polri harus antisipasi adanya aksi penolakan

Panji Gumilang Jadi Tersangka, MUI Jabar Waspadai Gerakan Penolakan(Sekretaris Umum MUI Jawa Barat Rafani Akhyar) IDN Times/Galih Persiana

Rafani menjelaskan, usai penetapan Panji Gumilang sebagai tersangka, Mabes Polri harus turut mewanti-wanti adanya gerakan aksi penolakan atas penetapan tersangka pimpinan Ponpes Al-Zaytun ini. Potensi ini yang ia imbau untuk diwaspadai.

"Jangan sampai ada mobilitas massa untuk dukungan, itu yang rawan menimbulkan kekisruhan dan ada lagi demo, nanti yang kontra demo lagi, rusuh lagi, mari kita serahkan kepada penegak hukum (proses selanjutnya)," ungkapnya.

2. Kementerian Agama harus me-monitor santri di Al-Zaytun

Panji Gumilang Jadi Tersangka, MUI Jabar Waspadai Gerakan PenolakanIDN Times/Galih Persiana

Rafani kemudian memberikan dorongan agar pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama turut menangani para santri yang ada di Ponpes Al-Zaytun. Mengingat, saat ini ada banyak santri yang masih menimba ilmu di ponpes yang berlokasi di Kabupaten Indramayu itu.

"Pemerintah diharapakan terus kontrol, terutama di internal Al-Zaytun supaya pendidikan jalan," kata dia.

3. Berharap penetapan hukum terus berlanjut

Panji Gumilang Jadi Tersangka, MUI Jabar Waspadai Gerakan PenolakanPimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang diperiksa di Bareskrim Polri pada Senin (3/7/2023). (dok. IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut, Rafani berharap, ditetapkannya Panji Gumilang sebagai tersangka bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat, khususnya warga Jawa Barat. Dia juga meminta agar Panji Gumilang nantinya tidak membuat pernyataan kontroversial.

"Semoga proses hukum selanjutnya berjalan lancar, tidak ada ganjalan, dengan ditetapkan tersangka mudah-mudahan Panji tidak terus mengeluarkan pernyataan kontroversial dan buat gaduh," kata dia.

Baca Juga: Pemerintah Dinilai Layani Sentimen Politik Kasus Panji Gumilang

Baca Juga: MUI: Polri Telah Bekerja Keras Menangani Kasus Panji Gumilang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya