Tabrakan Beruntun Enam Kendaraan di Cianjur, Satu Orang Meninggal

Pengendara truk sudah diamankan polisi

Cianjur, IDN Times - Sebuah kecelakaan tabrakan beruntun terjadi di Kabupaten Cianjur, tepatnya di ruas Jalan Perintis Kemerdekaan, Jebrod, Rabu (2/8/2023). Kecelakaan ini melibatkan tiga truk, dua minibus, dan satu sepeda motor.

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Anaga Budiharso mengatakan, kecelakaan ini terjadi ketika sebuah truk kontrainer mengalami rem blong. Truk kemudian menabrak satu truk sampah yang ada di depannya, karena rem tidak berfungsi truk kontrainer ini terus melaju dan menabrak sebuah sepeda motor.

"Untuk pengendara motor langsung meninggal di tempat akibat tertabrak," kata Anaga saat dihubungi.

1. Truk baru berhenti setelah menabrak beberapa kendaraan

Tabrakan Beruntun Enam Kendaraan di Cianjur, Satu Orang MeninggalIlustrasi kecelakaan IDN Times/Mardya Shakti

Tak berhenti di situ, truk ini juga menabrak sebuah minibus merk Avanza berwarna hitam. Akibat tertabrak, minibus itu juga alami kecelakaan menabrak kendaraan di depannya, truk kecil.

Kendaraan yang alami rem blong masih melaju dan menabrak sebuah truk pengangut pasir dan batu, di mana truk pasir tersebut langsung terdorong menabrak toko bahan bangunan.

"Truk baru berhenti sekitar 50 meter dari tabrakan awal karena masuk rawa-rawa pesawahan," kata dia.

2. Polres sudah amankan pelaku

Tabrakan Beruntun Enam Kendaraan di Cianjur, Satu Orang MeninggalDokumen Antara News

Kendaraan ini, lanjut Anaga, melibatkan sebuah truk yang melaju dari arah Sukabumi menuju Bandung. Akibat kecelakaan beruntun tersebut satu orang meninggal, satu luka berat patah kaki, dan dua orang luka ringan.

"Sopir truk sekarang sudah ada di Polres untuk diminati keterangan," papar Anaga.

3. Ratusan kecelakaan terjadi di Cianjur dari Januari 2023

Tabrakan Beruntun Enam Kendaraan di Cianjur, Satu Orang Meninggalilustrasi kecelakaan (IDN Times/Arief Rahmat)

Sehari sebelumnya, Polres Cianjur merilis kasus kecelakaan yang terjadi di wilayah tersebut. Tercatat 170 kasus kecelakaan terjadi sepanjang Januari hingga Juni 2023, menyebabkan 95 orang meninggal dan 103 orang mengalami luka-luka, sehingga pengendara diminta untuk tetap waspada dan mematuhi aturan berlalu lintas.

Anaga mengatakan sebagian besar korban kecelakaan lalu lintas merupakan pengendara sepeda motor terlibat tabrakan dengan sepeda motor lain dan kendaraan roda empat di sejumlah jalur maut.

"Kasus kecelakaan yang banyak terjadi di jalur maut seperti Jalan Raya Bandung-Cianjur mulai dari Kareng Tengah hingga Kecamatan Haurwangi, Jala Raya Puncak-Cianjur mulai dari Puncak Pass hingga Jalan Pasekon dan Jalan Raya Cianjur-Sukabumi," katanya.

Polres meminta pengendara untuk lebih berhati-hati dan waspada mengemudikan kendaraan saat melintas di jalur rawan kecelakaan serta mematuhi anjuran petugas dan aturan lalu lintas dengan mengutamakan keselamatan.

Tak hanya itu, aparat juga mengimbau agar tidak memaksakan diri berkendara dalam kondisi lelah, di mana lebih baik beristirahat di sejumlah tempat istirahat yang banyak terdapat di sepanjang jalur utama Cianjur, menggunakan helm dan melengkapi surat-surat saat berkendara termasuk SIM.

"Utamakan keselamatan dan tidak ugal-ugalan di jalan, patuhi semua rambu dan anjuran dari petugas. Tercatat dari seratus lebih kejadian kecelakaan menimpa pengendara rentan usia 16-35 tahun," katanya.

Baca Juga: Bali United Siap Pertahankan Rekor Tak Terkalahkan dari Persib Bandung

Baca Juga: Terungkap! Biaya Perjalanan Yana Mulyana ke Thailand Dibiayai Swasta

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya