TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPU Jamin Hak Pilih 5,3 Ribu Penyandang Disabilitas di Bandung Barat

KPU akan beri pendampingan khusus bagi disabilitas

(Bangkit Rizki/IDN Times)

Cimahi, IDN Times - Sebanyak 5.396 pemilih disabilitas di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dipastikan memiliki hak pilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Mereka sudah tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) KBB.

Pemilih disabilitas di KBB terbagi ke dalam beberapa kategori yakni disabilitas fisik sebanyak 2.319 orang, disabilitas intelektual sebanyak 404 orang, pemilih disabilitas mental sebanyak 1.201 orang, pemilih disabilitas wicara sebanyak 553 orang, pemilih disabilitas rungu sebanyak 322 orang, dan disabilitas netra sebanyak 597 orang.

"Kami harapkan semua pemilih disabilitas ada sebanyak 5.396 orang semuanya yang memiliki hak pilih agar ikut mencoblos di Pemilu 2024," kata Ketua KPU KBB Rifqi Ahmad Sulaeman saat dihubungi IDN Times, Kamis (2/11/2023).

1. Pemilih disabilitas tersebar di 16 kecamatan

Total pemilih disabilitas di KBB sendiri tersebar di 16 kecamatan yakni Lembang, Parongpong, Cisarua, Cikalongwetan, Cipeundeuy, Ngamprah, Cipatat, Padalarang, Batujajar, Cihampelas, Cililin, Cipongkor, Rongga, Sindangkerta, Gununghalu, dan Saguling.

"Nantinya mereka tersebar di 5.088 TPS di 165 desa, 16 kecamatan," ucap Rifqi.

Dirinya mengatakan, pada saat hari H pencoblosan nanti akan ada pendampingan khusus bagi para pemilih disabilitas. Termasuk pendampingan dari pihak keluarga yang dilengkapi dengan surat khusus mendampingi.

"Terkait dengan pemilih disabilitas memang pada saatnya nanti ketika di di TPS, ada alat khusus disabilitas. Begitupun nanti kalau misalkan ada arahan terkait dengan sosialsiasi khusus disabilitas tentu kita akan sampaikan," ujar dia.

2. KPU KBB targetkan partisipasi memilih di Pemilu 2024 samai tahun 2019

Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Rifqi melanjutkan, pada Pemilu 2024 sendiri pihaknya menargetkan partisipasi pemilih minimal bisa mencapai 90 persen. Total pemilih di Bandung Barat sendiri yang sudah terdata di Pemilu 2024 mendacapi 1.317.866 orang.

Dirinya akan terus melakukan sosialisasi terkait Pemilu 2024 sehingga pada akhirnya nanti semua pemilih bisa menyalurkan hak pilihnya.

"Target 2024 minimal mempertahankan angka 86 persen, kalau target lebih dari itu mudah-mudahan bisa di angka 90 persen. Kami akan maksimalkan angggaran sosilisasi semaksimal mungkin," ucap dia.

Baca Juga: Generasi Milenial dan Gen Z Dominasi Pemilih di KBB untuk Pemilu 2024

Baca Juga: KPU KBB Mulai Terima Bilik dan Kotak Suara untuk Pileg dan Pemilu 2024

Berita Terkini Lainnya