Pensiun dari Jabatan Panglima TNI, Laksamana Yudo Pilih Bertani

Yudo belum mau terjun langsung dalam dunia politik

Bandung, IDN Times - Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun pada akhir November 2023 mendatang. Jabatannya pun akan digantikan dalam beberapa pekan ke depan.

Laksanakan Yudo Margono mengatakan, usai pensiun sebagai Panglima TNI memiliki beberapa kegiatan lain di luar kariernya sebagai tentara yang akan difokuskannya. Salah satunya bertani.

"(Kegiatan setelah pensiun) Bertani," kata Yudo pada awak media di Bandung, Kamis (2/11/2023).

1. Yudo pilih bertani dibandingkan berpolitik

Pensiun dari Jabatan Panglima TNI, Laksamana Yudo Pilih BertaniPanglima TNI, Laksamana Yudo Margono ketika memberikan keterangan pers di HUT ke-77 TNI Angkatan Udara (AU). (www.instagram.com/@yudo_margono88)

Saat disinggung mengani kemungkinan dirinya akan masuk ke dunia politik, Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) itu menegaskan, bahwa ia akan tetap menggarap sektor pertanian. Dia memastikan belum mau terjun dalam dunia politik.

"Bertani kan banyak, ada bertani padi, kebun, banyak. Bertani lah pokoknya," ucap dia.

2. Yudo Margono menjabat sebagai panglima TNI pada 2022

Pensiun dari Jabatan Panglima TNI, Laksamana Yudo Pilih BertaniIstimewa

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah jabatan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), pada Senin, 19 Desember 2022.

Pelantikan Yudo Margono dilakukan berlandaskan pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 91/TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

3. Jabatan Yudo berpotensi digantikan oleh Jenderal TNI Agus Subiyanto

Pensiun dari Jabatan Panglima TNI, Laksamana Yudo Pilih BertaniPersiapan pelantikan Letjen Agus Subiyanto jadi KSAD pada Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kemudian, Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut, legislator telah menerima Surpres Presiden Jokowi terkait pengganti Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada akhir November mendatang. Jokowi hanya mengajukan satu nama yaitu KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto.

"Kami sudah menerima Surpres tersebut dan akan menjalankan mekanisme sesuai yang ada di DPR untuk kemudian meneruskan usulan nama pengganti Panglima TNI yang akan datang sesuai mekanismenya yang ada di DPR," kata Puan di Gedung DPR, Senayan, Selasa (31/10/2023).

Baca Juga: Panglima TNI Yudo Margono Sangat Kecewa Ada Prajurit Korupsi

Baca Juga: Panglima TNI Yudo Margono Kirim 850 Personel Amankan Papua

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya