KPU KBB Mulai Terima Bilik dan Kotak Suara untuk Pileg dan Pemilu 2024

Logistik pemilu disimpan di gudang KPU KBB

Bandung Barat, IDN Times - Logistik untuk kebutuhan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mulai diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB). Sebanyak 45.852 buah kotak dan bilik suara sudah dikirim dan disimpan di Gudang KPU KBB.

Rinciannya, sebanyak 25.472 buah kotal suara dan 20.352 buah bilik suara yang kini sudah berada di gudang logistik. Petugas keamanan pun disiagakan setiap hari untuk menjaga gudang logistik khusus Pemilu 2024 mendatang.

"Yang sudah diterima kotak suara sebanyak 25.472 buah dan bilik suara 20.352 buah yang sudah sampai. Kotak suara sampai saat secara keseluruhan sudah terpenuhi, termasuk bilik suara juga sudah terpenuhi," kata Sekretaris KPU KBB Olina Theresia, Jumat (27/10/2023).

 

1. Ada lima kotak dan bilik suara yang rusak

KPU KBB Mulai Terima Bilik dan Kotak Suara untuk Pileg dan Pemilu 2024(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dia mengatakan, bilik dan kotak suara tersebut sudah tiba sejak awal Oktober 2023. Pihaknya pun sudah melakukan penyortiran setelah diterima dari pihak penyedia. Hasilnya, ditemukan sebelumnya ada lima kotak dan bilik suara yang rusak namun sudah dilakukan penggantian.

"Ada yang rusak 5 tapi sudah diganti oleh penyedia, sekarang sudah aman kalau logistik yang sudah diterima," ujar Olina.

Untuk logistik lainnya tinta, segel, hingga surat suara, kata Olina, akan dikirimkan secara bertahap ke Bandung Barat untuk kebutuhan Pemilu 2024. Nantinya seluruh logistik itu akan didistribusikan dari gudang KPU KBB ke setiap PPK, PPS hingga akhirnya digunakan untuk pencoblosan di TPS pada 14 Februrari 2024.

"Nanti sampai mendekati Pemilu itu pasti ada pengiriman logistik. Intinya sebelum hari H pencoblosan semuanya sudah terdistribusikan. Dari sini nanti ke kecamatan lalu ke tingkat desa," tutur dia.

Olina melanjutkan total jumlah TPS untuk Pemilu 2024 di KBB sendiri mencapai 5.088 titik yang tersebar di 16 kecamatan dan 165 desa. Nantinya seluruh logistik Pemilu 2024 akan dikirimkan ke lokasi-lokasi tersebut sesuai jadwal yang disiapkan KPU.

2. Gudang logistik KPU KBB

KPU KBB Mulai Terima Bilik dan Kotak Suara untuk Pileg dan Pemilu 2024(Bangkit Rizki/IDN Times)

Keberadaan logistik Pemilu 2024 itu tentunya mendapat atensi khusus dari pihak kepolisian yang memperketat pengamanan. Pihak kepolisian akan melakukan penjagaan ketat di gudang logistik KPU KBB untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sekarang sudah masuk Operasi Mantap Brata, maka setiap hari sudah ada perosnel pengamanan di sini, 24 jam berjaga," kata Kapolsek Padalarang, Kompol Darwan.

Dia mengatakan, selain melakukan pengamanan di gudang logistik, pihak kepolisian juga disiagakan untuk mengamankan kantor KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). "Kita terus melalukan kontrol dan pengawasan. Termasuk kantor KPU dan Bawaslu KBB yang disiagakan juga aparat kepolisian," ucap Darwan.

3. Kondisi di wilayah hukum Padalarang kondusif

KPU KBB Mulai Terima Bilik dan Kotak Suara untuk Pileg dan Pemilu 2024(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kompol Darwan memastikan kondisi di wilayah hukum Padalarang yang meliputi Padalarang dan Ngamprah, Bandung Barat hingga kini sangat kondusif menjelang Pemilu 2024. Pihaknya berharap kondisi ini akan terus terjaga ke depannya. Khususnya hingga pesta demokrasi lima tahunan ini berakhir.

"Alhamdulillah sejauh ini kondusif, tidak ada masalah. Kita mengajak semua masyarakat dan stakholder terkait lainnya untuk terus sama-sama menjaga kekondusifan ini," ujar Darwan.

Baca Juga: Generasi Milenial dan Gen Z Dominasi Pemilih di KBB untuk Pemilu 2024

Baca Juga: Warganya Ancam Golput Gegara Jalan Rusak, Pemkab KBB: Kami Perbaiki

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya