TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Diguyur CSR, Jalur Alternatif 23 KM Cisarua-Cikawet KBB Diperbaiki

Diharapkan bisa mempercepat laju ekonomi masyarakat desa

IDN Times/Mahendra

Bandung Barat, IDN Times - Tiga jalur alternatif Cisarua- Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat (KBB) segera diperbaiki. Ruas jalan yang diperbaiki itu melintasi 9 desa di dua kecamatan.

Tiga ruas jalan alternatif tersebut adalah Ruas Cisomang Barat-Kantor Desa Ganjar Sari sepanjang 4,5 km; kemudian Ruas Ciawitali-Cipada sepanjang 6 km; dan terakhir Ruas Cipada-SPN Lembang sepanjang 12,5 km.

Jalan alternatif yang bakal digarap itu memiliki panjang sekitar 23 kilometer. Sementara anggaran perbaikan jalan merupakan kucuran dana dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dengan nilai Rp110 milyar.

1. Demi percepatan laju ekonomi masyarakat di 9 desa

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, kondisi jalur alternatif itu saat ini dalam keadaan rusak dan sempit. Hal itulah yang menjadi salah satu sebab laju ekonomi masyarakat di 9 desa terhambat.

"Dengan perbaikan jalan tentu saja akan memperbaiki sektor ekonomi di KBB yang menyangkut ruas jalan tersebut. Nanti dari Wika memperhatikan mana yang rusak parah itu yang lebih dulu diperbaiki," kata Umbara usai peresmian dimulainya pekerjaan di Desa Wangunjaya, Cikalongwetan, Rabu (16/12/2020).

"Misalkan jalan Desa Ganjarsari hancur banget ya itu dulu yang digarap. Karena di sana ada sektor pertanian. Agar nanti sektor pertanian bisa lebih lancar lagi," tambahnya.

2. Ditargetkan rampung kurang dari satu semester

IDN Times/Bagus F

Umbara menyampaikan, pengerjaan perbaikan dan pelebaran jalan sendiri bakal dilakukan langsung PT Wijayakarya dengan target penyelesaian rampung kurang dari satu semester atau enam bulan ke depan.

"Tadi sudah diekspose dari PT Wijayakarya paling lama 6 bulan. Ditambah nanti kalau pemantauan dan pengawasan bareng-bareng insyaallah lebih cepat. Cuaca juga menentukan, kalau cuacanya bagus tentu saja dari target 6 bulan bisa selesai 5 bulan," ucap Umbara.

3. Pelebaran jalan tidak membebaskan lahan warga

Bupati Bandung Barat Aa Umbara. (IDN Times/Bagus F)

Meski melakukan pelebaran, Umbara menjelaskan, proyek perbaikan jalan ini dipastikan pembebasan lahan milik warga. Perbaikan jalan hanya cukup memanfaatkan sisa bahu jalan di kanan kiri jalan eksisting saat ini.

"Proyek peningkatan jalan ini tidak menimbulkan pembebasan lahan. Sebab perbaikan fokus dilakukan pada jalan eksisting dengan lebar bervariasi 2,5 sampai 4 meter. Kondisi jalannya rusak, sehingga dengan adanya bantuan dana non APBD, membantu mengurangi beban anggaran daerah," paparnya.

Berita Terkini Lainnya