TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ridwan Kamil: Ada Tiga Proyek Strategis Segera Rampung Akhir 2021

Akan banyak daerah terhubung dari tiga proyek strategis ini

IDN Times/Hana Adi Perdana

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil memaparkan tiga infrastruktur strategis diprediksi rampung pada 2021. Ketiga proyek itu adalah infrastruktur transportasi darat dan laut.

Salah satu proyek yang akan dikebut pengerjaannya yaitu jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang ditargetkan selesai akhir tahun 2021.

Emil mengatakan, tol ini menjadi penghubung antara Bandung dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka. Adanya jalan tol baru, diharapkan aktivitas penumpang di Bandara Kertajati bisa meningkat.

"Tol dari Ibukota Jawa Barat menuju bandara yaitu Cisumdawu belum selesai. Rencananya enam bulan lagi atau akhir tahun ini baru selesai," ujar Emil berdasarkan keterangan resminya yang dikutip pada Rabu (14/7/2021).

1. Proyek kereta cepat diprediksi akan diujicoba pada 2022

IDN Times/Hana Adi Perdana

Selain itu, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung juga ditargetkan bisa beroperasi pada akhir 2022. Emil bilang, pada Januari 2022 seluruh beton kereta cepat Jakarta-Bandung sudah tersambung sepenuhnya.

"Kalau tidak salah, akhir tahun depan di bulan Januari proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan tersambung betonnya. Kemudian relnya pada pertengahan tahun depan dan diharapkan mulai percobaan kereta pertama pada bulan Oktober 2022," katanya.

2. Kereta cepat akan menumbuhkan ekonomi baru di tiga daerah

Ilustrasi Infrastruktur (Kereta) (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Emil, kereta cepat Jakarta-Bandung ini nantinya akan menghadirkan pusat ekonomi baru yakni di Kabupaten Karawang, Walini dan juga Tegalluar di Kabupaten Bandung.

"Kalau tanpa ada kereta cepat tidak akan mungkin logika itu hadir, investor juga susah. Namun dengan kereta cepat akan lahir tiga kota baru, di Karawang, di Walini dan di daerah Tegalluar di daerah Kabupaten Bandung," jelasnya.

3. Pelabuhan Patimban sudah mulai beroperasi, tinggal penyempurnaan

netralnews.com

Sedangkan untuk Pelabuhan Patimban, Subang. Emil mengatakan, tahap satu sudah mulai bisa digunakan. Pelabuhan ini akan menjadi yang terbesar dan tercanggih jika seluruh pembangunannya rampung 100 persen.

"Jadi bisa sambil main ke Patimban melihat mobil-mobil masuk kapal raksasa yang diekspor ke Brunei. Pelabuhan sudah terjadi dan diresmikan oleh Pak Jokowi," katanya.

Baca Juga: IDI Jabar Minta Pemprov Jabar Perhatikan Pasokan Oksigen Rumah Sakit

Baca Juga: Vaksinasi Lansia Rendah, Pemprov Jabar Blusukan ke Desa-desa

Berita Terkini Lainnya