TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

AKB Diperketat, Pemkot Bandung Bentuk Tiga Tim Penegak Aturan

Tim terdiri dari Satpol PP dan aparat kewilayahan

(Kondisi buka tutup jalan pasca AKB diperketat Kota Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung resmi menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang terus diperketat sejak Jumat (11/9/2020). Demi mendisiplinkan masyarakat, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung akhirnya membentuk tiga tim penegakan aturan.

Tim Penegak tersebut dibentuk dan diisi oleh beberapa komponen aparat kewilayahan, dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung menjadi yang paling banyak terlibat.

1. Ada tim pembubar kerumunan

(Kondisi buka tutup jalan pasca AKB diperketat Kota Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi mengatakan, tim penegak aturan akan melakukan patroli pada malam hari, terutama di hari Sabtu malam. Ia memprediksi waktu libur tersebut bakal mengundang keramaian dan penumpukan massa di pusat kota.

"Ada tim mobilisasi gabungan. Tim ini yang akan membubarkan kerumunan. Karena melihat situasi kondisi khususnya pada malam minggu, itu (pembubaran kerumunan) perlu dilakukan," ujar Rasdian, Sabtu (19/9/2020) malam.

Adapun selain 3M (mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), menghindari kerumunan merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19.

2. Tim ada yang berjaga di wilayah ring satu atau pusat perkotaan

(Kondisi buka tutup jalan pasca AKB diperketat Kota Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Selain tim tim mobilisasi gabungan, Rasdian menjelaskan, ada pula tim stasioner. Tim satu ini mengemban tugas untuk mengawasi sekitar area Alun-Alun Kota Bandung. Mereka akan membubarkan kerumunan di sekitar jalan-jalan yang sudah ditutup sejak pukul 21.00 WIB.

"Itu dinamis. Ada yang tetap ditempatkan di Alun-Alun, Braga, Jalan Soekarno. Karena memang Jalan sekitar di Alun-Alun sudah ditutup oleh Satlantas dengan Dishub," ungkapnya.

"Pembubarannya secara bertahap, agar steril dari kerumunan. Kita mengimbau masyarakat agar kembali ke rumah masing-masing," tambahannya.

3. Ada tim pemantau jam operasional cafe dan beberapa tempat lainnya

(Kondisi buka tutup jalan pasca AKB diperketat Kota Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Adapun tim terakhir yakni tim khusus penegakkan hukum. Menurutnya, tim tersebut nantinya akan bertugas mendisiplinkan para pelaku usaha yang sudah melewati batas jam operasional selama AKB yang diperketat dalam waktu 14 hari ke depan.

"Kita sudah ada jadwalnya, tempat-tempatnya di mana saja. Tapi kita juga akan merespon pengaduan masyarakat. Misalnya malam ini, ada pengaduan warga, kita berangkat ke sana," katanya.

Baca Juga: AKB Ketat, 5 Tips Aman Ini Harus Dilakukan Warga Bandung

Baca Juga: AKB Diperketat, Polisi Minta Wisatawan Tak Dulu Kunjungi Bandung

Berita Terkini Lainnya