Berat Patung Garuda IKN Nusantara Sama Dengan 290 Ekor Gajah

Berat total selubung mencapai 1.456 ton

Bandung, IDN Times - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur terus berprogres. Ikon patung burung Garuda yang menyelimuti kantor kepresidenan ini juga sudah mulai dikerjakan oleh seniman I Nyoman Nuarta sejak Februari 2023.

Sebagai seniman patung, I Nyoman Nuarta mengatakan, ada perbedaan Patung Burung Garuda IKN Nusantara dengan beberapa karya dia lainnya. Menurutnya, patung ini nantinya akan berdiri spesial karena menjadi ikon ibu kota baru. Adapun saat ini proses pengerjaan tengah berjalan.

"Pengerjaan (patung IKN Nusantara) dibagi menjadi 17 segmen. Saat ini pengerjaan bilah selubung tengah dilakukan," ujar Nyoman saat ditemui, Rabu (19/7/2023).

1. Bahan patung anti karat dan mudah dalam pembersihan

Berat Patung Garuda IKN Nusantara Sama Dengan 290 Ekor GajahSelubung patung Garuda IKN Nusantara (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Patung IKN Nusantara ini berbahan kuningan dan baja tahan cuaca. Dua bahan ini digabungkan dalam satu bilah selongsong yang nantinya akan disusun secara berjejer membentuk burung Garuda sesuai desain yang telah disepakati oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Bahan anti karat, beberapa waktu akan karatan dulu. Tapi lama-lama akan berubah. Ini kuningan ada campuran timah, bahan dasar kan tembaga dicampur dan ada logam lain," ungkapnya.

2. Ada 70 selubung dikerjakan setiap hari

Berat Patung Garuda IKN Nusantara Sama Dengan 290 Ekor GajahSelubung patung Garuda IKN Nusantara (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Nyoman menjelaskan, untuk membangun patung Garuda IKN Nusantara membutuhkan 4.854 bilah selubung. Adapun dalam satu bilah selubung beratnya mencapai 0,3 ton. Maka, jika ditotal secara keseluruhan, ada sekitar 1.456 ton.

Nyoman mengatakan, pengerjaan selongsong ditargetkan akan rampung pada Januari 2024. Adapun untuk ketinggian selubung sendiri mencapai 77,7 meter.

"Berat total selubung ini bisa disamakan dengan berat 290 gajah. Dalam satu hari, kami bisa memproduksi 70 bilah selubung," katanya.

3. Presiden Jokowi akan kembali pantau pembangunan IKN pada Oktober 2023

Berat Patung Garuda IKN Nusantara Sama Dengan 290 Ekor GajahPresiden Jokowi rapat dengan sejumlah pemimpin lembaga (dok. Sekretariat Presiden)

Untuk diketahui, aturan pembangunan IKN Nusantara sendiri kini sudah disepakati dan diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Pemerintah juga sudah menetapkan Titik Nol di kecamatan Samboja dan kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pembangunan juga kini sudah berproses. Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah beberapa kali meninjau langsung pembangunan IKN Nusantara. Bahkan, Jokowi juga menginap langsung di lokasi pembangunan. Terbaru, Jokowi akan meninjau kembali dalam waktu dekat.

"Ya mungkin sebelum Oktober, tapi menteri kan setiap hari ke sana, Kepala IKN juga di sana yang selalu melaporkan kepada saya," kata Jokowi, beberapa hari kemarin.

Baca Juga: Otorita IKN Tegaskan Penyediaan Tanah di IKN Tak Mandek

Baca Juga: Otorita IKN Klaim 65 Persen Area IKN Nusantara Jadi Hutan Lindung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya