Comscore Tracker

AKB Ketat, 5 Tips Aman Ini Harus Dilakukan Warga Bandung

Jangan lupa pakai masker

Bandung, IDN Times - Pandemi COVID-19 belum berlalu. Penularan dan angka kasus penyebaran virus corona masih terus bertambah setiap harinya. Sejumlah daerah di Indonesia terus berupaya menekan angka penyebaran COVID-19 dengan berbagai kebijakan.

Seperti menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) atau memperketat kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Kota Bandung lebih memilih AKB diperketat dibandingkan menerapkan PSBB. Melaksanakan protokol kesehatan secara ketat adalah salah satu pilihan terbaik saat ini.

Nah, agar aktivitas di luar rumah kalian lebih aman, yuk ikuti imbauan pemerintah dan 5 tips selama AKB di Kota Bandung.

1. Selalu gunakan masker saat di luar rumah

AKB Ketat, 5 Tips Aman Ini Harus Dilakukan Warga Bandung(tangkapan layar di akun @actorleeminho)

Jangan bosan-bosan jika diingatkan menggunakan masker. Seharusnya masyarakat sudah terbiasa menggunakan masker kapan dan di mana pun, terutama saat di luar rumah. Karena, menggunakan masker menjadi salah satu alat untuk mencegah penularan dan penyebaran virus corona.

Apalagi sekarang masker banyak pilihan modelnya dan motifnya. Sehingga saat ini masker menjadi salah satu aksesoris wajib harian bagi semua.

Namun, kalian harus menggunakan masker yang sesuai dengan standar kesehatan ya. Sebaiknya gunakan masker kesehatan atau masker kain minimal 2 hingga 3 lapis. Disarankan tidak menggunakan masker scuba, karena lapisan kain ini sangat tipis.

2. Bisa belanja secara online

AKB Ketat, 5 Tips Aman Ini Harus Dilakukan Warga BandungHumas Bandung/Pasar Pintar

Berbelanja kebutuhan harian bisa dilakukan secara online. Kini, banyak pilihan aplikasi atau jasa belanja online yang ditawarkan. Misalnya, menggunakan aplikasi belanja online berbasis android yaitu Pasar Pintar yang baru saja diluncurkan Pemkot Bandung.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua warga termasuk wisatawan yang sedang menetap di Bandung. Setelah daftar bisa langsung belanja online di pasar terdekat dan diantar oleh kurir setelah belanjaan dibayar secara digital.

3. Hindari tempat ramai dan jaga jarak

AKB Ketat, 5 Tips Aman Ini Harus Dilakukan Warga BandungANTARA FOTO/Didik Suhartono

Ini juga penting. Sebisa mungkin hindari tempat ramai entah di jalan atau saat di kantor. Ini sebagai antisipasi agar tidak tertular dan menularkan virus. Karena tidak sedikit anak muda menjadi orang tanpa gejala.

Sehingga sebisa mungkin untuk tetap saling menjaga jarak dan melindungi satu sama lain.

4. Jaga imunitas tubuh

AKB Ketat, 5 Tips Aman Ini Harus Dilakukan Warga BandungGoogle

Agar imun tubuh kuat, olahraga, jaga pola makan, dan tidur yang cukup. Jika ini diterapkan tubuh akan lebih sehat dan segar tentunya tidak mudah sakit.

Namun perlu diingat, hindari berolahraga dengan banyak orang kalaupun bergabung harus jaga jarak.

5. Kurangi kegiatan tidak penting di luar rumah

AKB Ketat, 5 Tips Aman Ini Harus Dilakukan Warga Bandungthebellelady.com

Kurangi kegiatan kurang atau tidak penting di luar rumah. Apalagi saat malam hari. Walaupun tidak ada larangan untuk hangout atau wisata tapi harus sadar diri dan saling melindungi.

Boleh nongkrong di kafe dan makan di restoran tapi jangan terlalu lama stay di sana. Kalau bisa sih, take away aja alias bungkus jangan dine in.

Penerapan AKB di Kota Bandung akan terus dipantau dan diperketat. Bahkan aparat pun sudah turun lapangan untuk mengimbau masyarakat Bandung agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ayo tetap pakai masker dan patuhi imbauan sehat lainnya. Ini semata-mata bukan untuk kepentingan kamu dan dia tapi kita.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya