TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rosid Diduga Tinggalkan Rumah Usai Mengaku Imam Mahdi dan Ratu Adil

Warga sekitar rumah tidak menaruh kecurigaan kepada Rosid

Instagram Infokrw

Karawang, IDN Times - Warga yang mengaku sebagai Imam Mahdi dan Ratu Adil melarikan diri dari rumahnya yang ada di Desa Mulyasejati, Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang. Dugaan itu muncul setelah petugas keamanan dan aparat pemerintah mendatangi lokasi dalam video yang beredar.

Video berisi tiga orang yang mengaku sebagai Imam Mahdi, Ratu Adil dan Ratu Sunda sempat viral di media sosial hingga meresahkan masyarakat. Alih-alih menemui pembuat video, petugas hanya mendapati pakaian dan poster bergambar dan bertuliskan “saung agung”.

“Mereka tidak ada di rumah sejak satu bulan yang lalu dan belum diketahui keberadaannya,” kata Ketua Rukun Tetangga setempat, Kohar, Kamis (1/12/2022). Keterangan itu juga disampaikan kepada petugas yang mendatangi wilayahnya beberapa waktu lalu.

1. Rosid diketahui berasal dari wilayah Kabupaten Purwakarta

pinterest.com

Menurut Kohar, warga setempat mengetahui salah seorang yang mengaku Imam Mahdi di video itu bernama Rosid. Ada yang menyebutnya berasal dari Kecamatan Sukasari, Cibeureum, Purwakarta, dan Jatiluhur.

Keberadaannya di wilayah Kabupaten Karawang diketahui untuk berkebun selama sekitar empat tahun terakhir. “Ia mempunyai lahan garapan kebun pisang dan jeruk seluas kurang lebih satu hektare,” ujar Kohar, kepada petugas yang mendatanginya.

2. Warga setempat tidak menaruh kecurigaan kepada Rosid

Freepic/Freepik

Selama berada wilayahnya, Kohar mengaku tidak pernah melihat keanehan yang ditunjukkan dari Rosid. Namun, ia juga tidak menjelaskan hubungan yang bersangkutan dengan warga sekitarnya terbilang baik atau tidak.

Karena itu, Kohar mengaku terkejut melihat warganya mengaku sebagai Imam Mahdi dan Ratu Adil dalam video tersebut. “(Rosid) sudah menggarap lahan tersebut kurang lebih selama empat tahun, tetapi belum pernah melihat adanya jamaah kumpul di rumah atau saung tersebut,” katanya menegaskan.

3. Kesbangpol Karawang masih berupaya menemui mereka

google

Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Karawang Sujana enggan menyebutkan identitas orang yang mengaku sebagai Imam Mahdi dan Ratu Adil dalam video tersebut. Ia hanya menyatakan jajarannya masih berupaya menemui pihak bersangkutan.

Sujana juga tidak menjawab saat ditanyakan sikap Kesbangpol Karawang untuk menangani kejadian kali ini. “Kita akan pantau keberadaan rumah tersebut, sampai bisa bertemu pemiliknya,” ujarnya melalui aplikasi pesan singkat.

Baca Juga: Viral! Warga Karawang Mengaku Jadi Ratu Adil dan Imam Mahdi

Baca Juga: Bukan Mitos, Ular Naga Jawa Ditemukan di Hutan Sanggabuana Karawang

Baca Juga: Antisipasi Serangan Siber, Pemkab Karawang-Swasta Bentuk Badan Baru

Berita Terkini Lainnya