Tol Japek II Selatan Buka saat Nataru, Simak Aturan Masuknya

Gerbang Tol Kutanegara sudah bisa digunakan saat Nataru

Purwakarta, IDN Times - PT Jasa Marga melalui anak perusahaan PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) mengumumkan pembukaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan secara fungsional pada libur Natal dan Tahun Baru 2023. Pihak pengelola menjelaskan sejumlah aturan bagi pengguna jalan tol tersebut.

Direktur Utama PT JJS, Charles Lendra menyebutkan jenis kendaraan yang bisa melewati jalan tol tersebut untuk sementara hanyalah kendaraan golongan I non bus. “(Laju kendaraan) dengan kecepatan maksimal 60 kilometer per jam,” katanya, Sabtu (24/12/2022).

Melalui keterangan persnya, pengelola juga menegaskan pengoperasian Tol Japek II Selatan saat ini disesuaikan dengan kebutuhan. Yakni, tergantung kepada diskresi kepolisian untuk mengatur arus lalu lintas di jalur lainnya.

1. Cara masuk Jalan Tol Japek II Selatan dari arah Bandung

Tol Japek II Selatan Buka saat Nataru, Simak Aturan MasuknyaAbdul Halim/IDN Times

Charles menjelaskan cara pengendara masuk Jalan Tol Japek II Selatan dari arah Bandung. “Pengguna jalan dari arah Bandung dapat masuk Jalan Tol Fungsional Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara melalui kilometer 77+100 Jalan Tol Cipularang arah Jakarta dan keluar melalui Gerbang Tol (GT) Kutanegara,” katanya.

Selanjutnya, pengguna jalan meneruskan perjalanan melalui Jalan Provinsi (Jalan Industri). Untuk menuju arah Jakarta, pengguna jalan dapat masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Karawang Timur 1 atau GT Karawang Barat 1.

2. Perbedaan operasional saat Nataru dengan Lebaran 2022

Tol Japek II Selatan Buka saat Nataru, Simak Aturan MasuknyaIlustrasi. Petugas kepolisian berjaga memantau arus mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Seperti diberitakan sebelumnya, pengoperasian secara fungsional kali ini hanya pada Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer. Masa pembukaannya juga hanya pada periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Yang berbeda di Nataru 2022-2023 kali ini, Gerbang Tol Kutanegara sudah dapat dilalui oleh pengguna jalan. Sebelumnya, pada saat periode Idul Fitri 1443 H, pengguna jalan melakukan transaksi di GT Sadang Fungsional,” tutur Charles.

3. Aturan tarif masuk Jalan Tol Fungsional Japek II Selatan

Tol Japek II Selatan Buka saat Nataru, Simak Aturan Masuknyailustrasi pintu tol (IDN Times/Sunariyah)

Pengelola Jalan Tol Japek II Selatan juga memastikan pemanfaatan akses tersebut saat ini belum dikenakan biaya atau gratis. “Kami ingatkan kembali, jalan tol fungsional ini tidak dikenakan tarif, tetapi pengguna jalan tetap harus melakukan tapping di GT Kutanegara,” kata Charles.

Pengguna jalan, kata dia, tetap membayar tarif tol di GT Kutanegara Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi). Hal itu berlaku jika mereka melakukan perjalanan dari gerbang tol di Jalan Tol Padaleunyi, dengan besaran tarif yang sama seperti tarif keluar di GT Sadang.

4. Pengelola menyiagakan layanan operasional dan transaksi

Tol Japek II Selatan Buka saat Nataru, Simak Aturan Masuknyailustrasi gerbang tol (IDN Times/Sunariyah)

Lebih lanjut, Charles memastikan perjalanan yang aman dan nyaman bagi pengguna jalan yang akan melalui Jalan Tol Fungsional Japek II Selatan. Upaya yang dilakukan jajarannya mulai dari menyiagakan layanan operasional maupun layanan transaksi jalan tol.

“Di GT Kutanegara, kami menyediakan enam gardu operasional yang dilengkapi dengan dua unit mobile reader. Dari sisi pelayanan lalu lintas, kami menyediakan dua Mobile Customer Service (MCS), satu unit derek, satu unit ambulans, satu unit Patroli Jalan Raya (PJR), satu unit Kamtib, satu unit water tank, dan satu unit patroli roda dua," tuturnya.

Baca Juga: Tol Japek II Selatan Hanya Bisa Dibuka oleh Perintah Polisi

Baca Juga: Polisi Pasang Contraflow Jelang Rest Area 57 A Tol Japek

Baca Juga: Menhub Minta Warga Jakarta Tidak Rekreasi Keluar Kota saat Nataru

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya