Kawasan Lembang Diprediksi Bakal 'Dibanjiri' Wisatawan Lagi

Puncak kunjungan diprediksi terjadi Sabtu ini

Bandung Barat, IDN Times - Kepolisian memprediksi gelombang kedua kunjungan wisatawan ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal terjadi pada Sabtu (30/12/2023) yang bertepatan dengan momentum libur tahun baru 2024. Kawasan wisata Lembang kemungkinan besar akan diserbu lagi wisatawan.

"Kalau libur panjang kedua, momentum kedatangan wisatawan diprediksi tanggal 30 Desember besok. Puncak kedatangannya 31 Desember," kata Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto saat ditemui di Lembang, Rabu (27/12/2023).

1. Pergerakan wisatawan masih terjadi hari ini

Kawasan Lembang Diprediksi Bakal 'Dibanjiri' Wisatawan Lagi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Saat ini ternyata pergerakan wisatawan masih terlihat di kawasan Lembang meskipun momentum libur natal 2023 sudah terlewati. Hal itu terlihat dari kepadatan kendaraan di ruas Jalan Raya Lembang dari arah Bandung menuju Lembang, pada Rabu (27/12/2023) sore.

Berdasarkan catatan kepolisian, pada Rabu ada sebanyak 8.059 kendaraan yang mengarah dari Bandung ke Lembang. Jumlah tersebut memang menurun dibandingkan hari sebelumnya dimana ada sebanyak 26.465 yang mengarah dari Bandung ke Lembang.

"Jadi memang masih banyak juga wisatawan yang liburan ke Lembang, karena libur sekolah masih panjang," ucap Sudirianto.

2. Penyebab kepadatan

Kawasan Lembang Diprediksi Bakal 'Dibanjiri' Wisatawan Lagi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Menurut Sudirianto, kepadatan yang terjadi di kawasan wisata Lembang terjadi karena banyaknya kendaraan yang keluar masuk ke objek wisata dan rumah makan di tepi jalan.
"Kemudian banyak yang mau masuk ke objek wisata tapi parkirannya penuh, maka kami arahkan untuk mengarah ke kantong parkir di titik lain," ujar Sudirianto.

Kepolisian sendiri mengandalkan rekayasa lalu lintas dengan cara bertindak oneway sepenggal untuk mengurai kepadatan kendaraan di Jalan Raya Lembang. "Sampai hari ini oneway sepenggal jadi cara yang paling efektif untuk mengurai kepadatan di Jalan Raya Lembang," kata Sudirianto. 

3. Pengelola wisata siap hadapi gelombang kedua kunjungan wisata akhir tahun

Kawasan Lembang Diprediksi Bakal 'Dibanjiri' Wisatawan Lagi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sementara itu General Manajer Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) Lembang Sapto Wahyudi mengatakan, akan terjadi gelombang kedua kunjungan wisatawan akhir pekan ini. Hal itu bisa tergambar dari okupansi yang sudah masuk di kawasan objek wisata tersebut.

"Di kami penginapan yang glamping ada 20 kamar dan pondokan 28 semuanya sudah penuh. Kami juga sediakan tenda camping biasa sudah terisi 50 persen," ujar Sapto.

Sapto mengatakan, kunjungan wisata pada libur Natal pekan kemarin meningkat drastis dibandingkan weekend biasanya. Pengunjung mayoritas datang dari wilayah Jabodetabek, dan ada juga yang berasal dari luar Pulau Jawa seperti Palembang.

"Naiknya itu ada sekitar 20 persen dari weekend biasanya. Puncaknya Minggu itu kunjungan dari pagi sampai malam sampe 3.800 orang," kata dia.

Baca Juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Wisata Malam di Lembang Kian Bergairah

Baca Juga: Hari Terakhir Libur Natal, Objek Wisata di Lembang Diserbu Pengunjung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya