Ridwan Kamil Teteskan Air Mata, HUT RI ke-78 di Jabar Diwarnai Haru

Ridwan Kamil kenang momentum kehilangan anak pertamanya

Bandung, IDN Times - Upacara peringatan HUT RI ke-78 di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat diwarnai haru. Gubernur Ridwan Kamil alias Emil tak bisa membendung air matanya saat membacakan sambutan di hadapan para pejabat dan peserta upacara.

Isi sambutan yang membuat Emil tak kuasa menahan air mata yaitu soal kehilangan anggota keluarganya, almarhum Emmeril Khan Mumtadz. Anak laki-laki pertamanya ini meninggal pada 26 Mei 2022 di Swiss.

"Lima tahun ini juga tahun terberat khususnya keluarga kami, kami ditinggalkan anak kami. Mohon doanya," ujar Emil sambil terbata-bata di lapangan Gasibu, Kamis (17/8/2023).

1. Kehilangan Emil justru membuatnya semakin kuat

Ridwan Kamil Teteskan Air Mata, HUT RI ke-78 di Jabar Diwarnai Haru(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kehilangan anak pertamanya ini, menurut Emil bisa turut menguatkan dirinya untuk memimpin masyarakat Jawa Barat. Saat kepergian anaknya, banyak juga masyarakat yang datang dan turut mendoakan langsung di Gedung Pakan.

"Namun kehilangan itu membukakan mata saya. Saya beruntung menjadi pemimpin dari warga Jabar yang baik hati, yang saya kenal secara pribadi maupun belum pernah saya temui," ucapnya.

2. Dukungan masyarakat juga terus datang saat Emil meninggal

Ridwan Kamil Teteskan Air Mata, HUT RI ke-78 di Jabar Diwarnai HaruGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dukungan dari masyarakat pada dirinya juga terus mengalir, hingga saat Jenazah almarhum Eril dimakamkan tepatnya pada 13 Juni 2022. Warga turut mengiringi dari Gedung Pakuan ke Cimaung, Kabupaten Bandung. Langkah ini ia rasa merupakan dukungan yang tidak bisa dinilai dengan apapun.

"Semua tulus menemani kami, keluarga kecil kami, saya teringat kerumunan orang orang yang meramaikan rumah kami, menemani kami saat menunggu hari hari yang tidak pasti. Pemandangan di jalan jalan, mengantarkan kepergian anak kami. Kami merasa kami tidak sendirian," katanya.

3. Ridwan Kamil klaim sudah adil memimpin Jabar

Ridwan Kamil Teteskan Air Mata, HUT RI ke-78 di Jabar Diwarnai Haru(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Lewat kesempatan ini, Emil mengatakan, selama memimpin Jabar telah banyak program yang telah dibuat dan kini menorehkan ragam penghargaan. Ia rasa semua ini harus dipertahankan. Emil mengklaim jika progam yang telah dibuatnya merata untuk semua golongan.

"Saya memimpin Jabar pembangunan selalu adil dan merata, Jabar selalu gemah ripah repeh rapih, aman sentosa. Tidak ada kekhawatiran kemajuan zaman karena selalu penuh percaya diri dan bangga menjadi yang termaju," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sentil Sikap Polrestabes Bandung ke Warga Dago Elos

Baca Juga: Ridwan Kamil Bingung Digugat Panji Gumilang Rp9 Triliun

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya