Ridwan Kamil: Bogor Bisa Selesaikan Target Vaksinasi Desember 2021

Target vaksinasi di Kabupaten Bogor mencapai 4,2 juta jiwa

Bandung, IDN Times - Vaksinasi di Kabupaten Bogor terus mendapatkan tambahan dosis. Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menyatakan bahwa Bogor bisa selesaikan target vaksinasi pada akhir Desember 2021.

"Kabupaten Bogor 70 persen dari penduduknya adalah 4,2 juta harus divaksin, ditargetkan selesai di bulan Desember," ujar Emil, Kamis (16/9/2021).

1. Vaksin di Kabupaten Bogor per-hari bisa mencapai 50.000

Ridwan Kamil: Bogor Bisa Selesaikan Target Vaksinasi Desember 2021ilustrasi vaksinasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Adapun kecepatan rata-rata harian vaksin di Kabupaten Bogor sekitar 50 ribu per hari. Emil bilang, jika langkah ini konsisten dilakukan, maka target 4,2 juta masyarakat divaksin pada akhir tahun bisa tercapai.

"Kalau itu dilakukan per tiga puluh hari kan 1,5 juta, masih ada waktu di bulan Oktober, November, Desember, kali tiga bulan 4,2 juta itu bisa," ungkapnya.

2. Pihak swasta dan institusi lain dapat membantu percepat vaksinasi

Ridwan Kamil: Bogor Bisa Selesaikan Target Vaksinasi Desember 2021Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Selain dosis dari pemerintah pusat, Emil mengatakan, pihak di luar pemerintah bisa turut membantu agar target vaksinasi bisa cepat membentuk kekebalan kelompok sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

"Syaratnya semua bergerak. Siapa itu semua? Ada institusi dari pemerintah daerah, puskesmas, rumah sakit. Ada institusi TNI/Polri, dan juga ada pihak ketiga seperti kelompok usaha, partai politik silakan. Organisasi masyarakat kita motivasi, juga organisasi profesi," jelasnya.

3. Emil minta masyarakat tetap ikuti protokol kesehatan saat vaksinasi

Ridwan Kamil: Bogor Bisa Selesaikan Target Vaksinasi Desember 2021Ilustrasi Vaksinasi COVID-19. (IDN Times/Aditya Pratama)

Meski beberapa institusi lain turut membantu dengan menggelar vaksinasi, Emil meminta masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat saat mengikuti rangkaian program vaksinasi.

"Mudah-mudahan dengan begitu, setelah vaksin beres kita tinggal hidup berdamai. Segala boleh tapi 5M dan terpenting memakai masker karena itu menjauhkan 80 persen dari kena COVID-19," kata dia.

4. Dosis vaksinasi dari pemerintah pusat belum ideal

Ridwan Kamil: Bogor Bisa Selesaikan Target Vaksinasi Desember 2021Ilustrasi Vaksin. IDN Times/Arief Rahmat

Sebelumnya, Dewi Sartika, Ketua Harian Satgas COVID-19 Jabar mengatakan, sampai saat ini dosis vaksin yang diterima Pemprov Jabar masih belum ideal dari jumlah target yang ditetapkan pemerintah dan, berdasarkan standar organisasi kesehatan dunia (WHO).

"Jabar ini jumlah penduduknya mencapai 20 persen dari penduduk Indonesia. Dan target kita harus 37,9 juta orang telah divaksin," ujar Dewi, Rabu (25/8/2021).

Dengan jumlah target vaksinasi yang banyak, Dewi bilang, seharusnya alokasi dosis vaksin ke Pemprov Jabar dari pemerintah pusat juga lebih banyak. Saat ini Pemprov Jabar hanya menerima satu juta dosis vaksin setiap bulan.

"Kami perlu vaksin per bulan 15 juta dosis, kalau untuk mengejar Desember 2021. Saat ini, kami istilahkan vaksin masih belum proprsional karena masih di bawah 15 juta, karena seharusnya kita mendapat 15 juta," ungkapnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Duga Ada Komplotan Pembuat Sertifikat Vaksin Palsu 

Baca Juga: PPKM Level 3-2 Gak Bantu Keuangan Hotel, Begini Komentar Ridwan Kamil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya