Comscore Tracker

5 Fakta Unik Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan di Indramayu

Jadi salah satu masjid terbesar di Indramayu

Wisata religi sangat diincar oleh para wisatawan guna menikmati keindahan masjid dan struktur bangunannya. Seperti halnya salah satu masjid terbesar di Indramayu yaitu Masjid Islamic Center Abdul Manan.

Masjid ini diresmikan pada tahun 2018 oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher). Ternyata hasil pembangunannya dinyatakan sukses menjadikan masjid sebagai wisata religi oleh masyarakat.

Keberadaannya yang tampak megah membuat pengunjung betah berlama-bama di kawasan masjid. Maka dari itu Masjid Islamic Center Abdul Manan tidak pernah luput dari kunjungan wisatawan. Nah, berikut beberapa fakta menarik dari masjid favorit masyarakat Indramayu satu ini.

1. Sejarah penamaan Masjid Syekh Abdul Manan

5 Fakta Unik Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan di Indramayu Facebook.com/PancaAmeliaPutri

Bangunan masjid yang berada di Simpang Lima Indramayu menghabiskan biaya mencapai Rp122 miliar. Nama, masjid diambil dari seorang ulama besar asal Indramayu yang hidup di zaman kolonial Belanda yakni Syekh Abdul Manan.

Dimana ia telah meninggalkan warisan berupa kitab dengan penulisan menggunakan aksara Jawa juga Arab. Hal ini di kaji agar warisan dapat dijadikan pembelajaran bagi generasi muda sekarang ini.

2. Arsitektur bangunan bergaya kontemporer

5 Fakta Unik Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan di Indramayu Facebook.com/diskominfoIndramayu

Bangunan masjidnya mengusung arsitektur kontemporer dengan ornamen yang menghiasi setiap sudut masjid. Hal itu membuat tampilan Masjid Islamic Center Abdul Manan terlihat megah dan mewah.

Kesan desainnya begitu khas. Menara di sisi-sisinya serta halaman rumput yang berada di tengah area bila dipandang dari atas akan mengingatkan pada Masjid Nabawi. Meskipun terdapat kombinasi desain modern, namun juga tidak meninggalkan kesan kuno.

Baca Juga: 5 Wisata Religi Populer di Pasuruan, Jujugan Wajib Peziarah Jatim

3. Sanggup menampung lebih dari 2 ribu jamaah

5 Fakta Unik Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan di Indramayu Ilustrasi umat muslim salat di masjid (Unsplash/@elmasholy)

Area Masjid Islamic Center Abdul Manan berada di luas tanah 12 hektar. Pembangunan untuk perkembangan masih tetap digagas guna memenuhi kebutuhan spiritual masyarakat.

Pada lantai satu mempunyai luas 86 meter persegi yang mampu menampung kapasitas 1.250 jamaah. Sedangkan luas lantai duanya sekitar 737 meter persegi dengan kapasitas daya tampungnya 1.000 jamaah salat.

4. Kompleks masjid sebagai wisata religi

5 Fakta Unik Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan di Indramayu Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan (Google Maps/udan_rusydan)

Pengunjung dapat menikmati keindahan masjid serta mengabadikan moment di dalam maupun halaman masjid. Area halamannya dibuat dengan menambahkan rumput sintetis sehingga bisa dijadikan lokasi duduk bersantai bersama keluarga.

Sehingga tak heran lagi ketika hari besar agama Islam, masjid ini selalu dipadati oleh pengunjung. Selain memang untuk melakukan ibadah juga bisa menikmati kemegahan salah satu masjid terbesar di Indramayu.

5. Ditujukan pula untuk menggerakkan peradaban

5 Fakta Unik Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan di Indramayu Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan (Google Maps/azzmmi)

Keberadaan Masjid Islamic Center Abdul Manan menjadi tempat untuk menggerakkan peradaban dan perkembangan Islam di Indramayu. Dengan berjalannya fungsi masjid sebagai sarana edukasi masyarakat. Pembangunannya dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan secara lebih luas.

Sehingga terdapat indikator kawasan masjid sebagai lokasi untuk memajukan kesejahteraan, serta untuk meningkatkan kerohanian agar cinta terhadap agama Islam dan negara.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai Masjid Islamic Center Abdul Manan. Jika sedang bertandang ke Indramayu, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk beribadah dan mengabadikan momen di salah satu masjid terbesar di Indramayu ini, ya.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata di Indramayu yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu!

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya