Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Masjid Agung Cianjur, Masjid Tertua di Cianjur

Juga didapuk jadi salah satu masjid termegah di Jawa Barat

Masjid Agung Cianjur merupaakan masjid tertua di Cianjur yang menyimpan sejarah panjang. Masjid ini letaknya tepat di samping Alun-Alun Cianjur yang menjadi ikon terbarunya. Sehingga sudah tidak heran lagi jika banyak pengunjung yang menyempatkan datang ke masjid megah satu ini.

Awal mula dibangun, masjid ini hanya berukuran 20x20 meter. Namun, kini lahannya sudah meluas hingga 4.000 meter persegi. Penasaran dengan fakta menarik lainnya dari Masjid Agung Cianjur? Simak artikel ini sampai habis, ya.

1. Sejarah berdirinya

5 Fakta Menarik Masjid Agung Cianjur, Masjid Tertua di CianjurMasjid Agung Cianjur (duniamasjid.islamic-center.or.id)

Masjid tertua di Cianjur ini mampu menampung kapasitas hingga 4000 jamaah salat. Pembangunan masjid pertama kali berada di atas wakaf R. Siti Bodedar pada 1810. Berdirinya Masjid Agung Cianjur pun terinspirasi dari kekaguman pada Ka'bah dan Masjid Nabawi.

Di kemudian tahun, bangunan masjid dilakukan perluasan hingga 7 kali renovasi akibat kerusakan alami dan bencana alam. Awal mula dilakukan renovasi ketika terjadi letusan Gunung Gede yang merusak banyak sisi bangunan masjid. Sementara bangunan masjid yang sekarang berdiri adalah hasil renovasi terakhir pada 1997.

2. Mengusung arsitektur Jawa, Banten, hingga Turki

5 Fakta Menarik Masjid Agung Cianjur, Masjid Tertua di CianjurMasjid Agung Cianjur (duniamasjid.islamic-center.or.id)

Meskipun disebut sebagai masjid tertua, namun tidak mengurangi kemegahan dan keelokan arsitekturnya yang memadukan budaya Sunda, Banten, dan Turki. Desain atap prisma bertingkat serta bangunan yang melebar juga turut mengingatkan pada rumah tradisional Jawa.

Disertai dua menara yang tinggi pada sisi kanan dan kiri yang menambah kemegahan masjid. Meskipun dilakukan banyak renovasi, namun tidak menghilangkan tampilan aslinya.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Khas Cianjur yang Menggoda Tiada Duanya! 

3. Tiang Asmaul Husna yang jadi ikon baru

5 Fakta Menarik Masjid Agung Cianjur, Masjid Tertua di Cianjurtiang Asmaul Husna di Masjid Agung Cianjur (Google Maps/Nanda Trimurti)

Yang unik dari Masjid Agung Cianjur yaitu adanya monumen Al-Quran besar terletak di tengah alun-alun yang menjadi landmark baru Cianjur. Keberadaan tiang bertuliskan Asmaul Husna pun mempercantik kompleks masjid dan kerap dimanfaatkan sebagai spot foto instagenik.

Namun tidak hanya itu, terdapat spot lain untuk mengabadikan momen terbaik ketika berkunjung ke masjid tertua di Cianjur ini. Ada pula air mancur serta tempat bersantai dengan lampu-lampu cantik ketika malam hari.

4. Halaman luas jadi area bermain anak-anak

5 Fakta Menarik Masjid Agung Cianjur, Masjid Tertua di CianjurMasjid Agung Cianjur (educatrip.net)

Pada halaman depan masjid, dibangun hamparan luas rumput hijau sintetis. Hal ini sama persis dengan Masjid Agung Bandung yang mana menjadi tempat rekreasi keluarga dan area bermain anak-anak.

Ketika pengunjung ingin menikmati keindahannya dari halaman masjid, maka sangat disarankan berkunjung di waktu pagi ataupun sore hari agar tidak panas.

5. Terdapat beragam aktivitas keagamaan

5 Fakta Menarik Masjid Agung Cianjur, Masjid Tertua di Cianjurilustrasi membaca Al Quran (unsplash.com/Andri Helmansyah)

Program kegiatan rutin selalu berjalan di Masjid Agung Cianjur. Seperti halnya terdapat pendidikan teori umum, dakwah rutin, kuliah subuh, pengajian anak-anak, pengajian harian, dan masih banyak lagi

Terlebih ketika bulan Ramadhan mempunyai aktivitas keagamaan yang sangat padat. Sehingga semua orang bisa turut serta bergabung ketika sedang bertandang ke Cianjur.

Itulah beberapa fakta menarik masjid tertua di Cianjur satu ini. Setelah mengetahui sejarah serta keunikannya, jangan lupa sempatkan berkunjung ketika berada di kawasan Jawa Barat, ya.

Baca Juga: 10 Wisata Alam di Cianjur yang Pesonanya Bikin Gak Sabar Liburan

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya