Comscore Tracker

Perdana di Indonesia, Padi Reborn Miliki Program Talkshow Sendiri

Padi Reborn optimistis menghibur masyarakat lewat acaranya

Bandung, IDN Times - Padi Reborn boleh dibilang sebagai salah satu grup musik Indonesia ternama yang langgeng dalam berkarya setelah rutin membikin album. Seakan tak mau berhenti di panggung musik, kini Padi Reborn mencoba keberuntungan dengan mengambil tawaran memegang sebuah program stasiun televisi.

Tawaran itu datang dari NET TV, di mana mencoba menarik perhatian publik dengan program yang tentu tampil beda itu. Program televisi reguler perdana mereka ini diberi judul Padi Reborn - Sang Penghibur, dan mengusung tagline Inspirasi dalam Harmoni.

Acara tersebut akan mulai ditayangkan pada 17 Juli 2020, dan bergulir setiap hari Jumat pukul 21.00 WIB di NET TV. Bagaimana persiapan grup musik yang terdiri dari Fadly (vokal), Piyu (gitar), Ari (gitar), Rindra (bas) dan Yoyo (drum), ini menyambut program perdana mereka di dunia pertelevisian?

1. Mengapa harus 'Sang Penghibur'?

Perdana di Indonesia, Padi Reborn Miliki Program Talkshow SendiriPadi Reborn/dok. Padi Reborn

Mendengar judul 'Sang Penghibur', masyarakat Indonesia tentu mengingatnya sebagai sebuah judul lagu terkenal karya Padi Reborn

Dalam jumpa pers virtual yang digelar pada Jumat (10/7) sore, mereka mengatakan jika penamaan program tersebut memang diambil dari judul lagu hits Padi dalam album Tak Hanya Diam yang dirilis pada 2007 silam.

Ari Tri Sosianto, gitaris Padi Reborn, kepada wartawan mengatakan kalau lagu 'Sang Penghibur' punya makna mendalam setidaknya bagi mereka. Maka itu, program Padi Reborn – Sang Penghibur mengangkat konsep dengan menggabungkan dua nilai antara entertainment dan talkshow.

"Kami tidak akan melepaskan status sebagai musisi. Namun di program televisi ini, kami punya peran tambahan yakni sebagai host untuk memandu talkshow bersama para bintang tamu," katanya, Jumat (10/7).

2. Mimpi yang jadi kenyataan

Perdana di Indonesia, Padi Reborn Miliki Program Talkshow SendiriInstagram.com/yoyoprasetyo29

Meski bentuk program macam itu belum ada di Indonesia, Padi Reborn cukup optimistis bahwa acaranya bisa diterima oleh masyarakat. Alasannya, mereka berprinsip kalau dalam kehidupan, manusia sejatinya tak pernah berhenti belajar.

“Awalnya tentu kaget ide ini ternyata benar-benar diwujudkan. Tapi sekaligus kami juga bersyukur diberi kesempatan punya program sendiri di televisi. Biasanya kan kami yang selalu ditanya, tapi kali ini kita yang akan bertanya sebagai host," ujar Yoyo yang sejauh ini pamor sebagai drummer Padi Reborn, di waktu yang sama.

"Jelas ini sesuatu yang baru buat kami dan menjadi tantangan sekaligus one step ahead untuk Padi Reborn," katanya.

3. Belajar di podcast dan YouTube

Perdana di Indonesia, Padi Reborn Miliki Program Talkshow SendiriInstagram.com/padiband

Padi Reborn tentu tak serta merta menerima tawaran itu tanpa mengukur kapasitas kemampuan mereka. Fadly, sang vokalis, mengatakan jika grup musiknya telah melakukan beragam riset untuk dapat mendalami peran sebagai pembawa acara.

Belakangan ini mereka mengaku getol mendengarkan podcast dan menyaksikan berbagai talkshow di YouTube untuk mendapatkan pelajaran baru.

"Selalu ada yang pertama untuk segala hal. Aku banyak belajar dan mencari referensi, kebanyakan mendengarkan podcast. Ada banyak yang bagus, pintar dalam menggali informasi, dan punya adab yang baik," kata Fadly.

"Bagi kami penghormatan terhadap tamu itu yang paling penting. Kami harus memberikan rasa nyaman kepada tamu dan tidak terkesan asyik sendiri," ujarnya.

4. Tidak akan mengubah citra Padi Reborn

Perdana di Indonesia, Padi Reborn Miliki Program Talkshow SendiriPadi Reborn/dok. Padi Reborn

Di sisi lain,  Satriyo Yudi Wahono atau akrab disapa Piyu, mengatakan program Padi Reborn - Sang Penghibur dirancang sebisa mungkin untuk mengadopsi nilai-nilai yang selama ini menjadi pakem Padi Reborn dalam bermusik dan berkarya. Artinya, jauh sebelum ditawari program televisi, mereka memang lebih dulu memegang idealisme dalam tiap karyanya.

“Sebagai tuan rumah, ada nilai-nilai yang harus dijaga. Kami berharap bisa menggali narasumber tanpa kami terlihat seperti menggurui, namun sama-sama belajar. Kami ingin lebih kepada sharing bagaimana menyuguhkan obrolan segar dengan kemasan yang menarik," ujar Piyu.

Tak hanya itu, sedikit banyak kini Piyu pun memahami beratnya duduk sebagai host yang bertugas untuk memberi pesan positif pada pemirsa. "Kami berusaha mencari inspirasi dari narasumber, karena menjadi host artinya menjadi perpanjangan tangan dari pemirsa," katanya.

5. Status musisi adalah nilai lebih

Perdana di Indonesia, Padi Reborn Miliki Program Talkshow SendiriPadi Reborn/dok. Padi Reborn

Setali tiga uang dengan rekan satu grup musiknya, Rindra Noor, bassist Padi Reborn pun mengaku optimistis bahwa program Padi Reborn - Sang Penghibur ini akan berjalan sempurna. Selain karena menjadi program yang fresh, Rindra mengatakan bahwa status musisi yang melekat pada diri para personel Padi Reborn merupakan nilai lebih jika dibandingkan dengan talkshow lainnya.

“Kami mencoba menjawab harapan dari banyak orang yang merasa bahwa acara musik sudah sangat jarang. Nah Padi Reborn - Sang Penghibur ini adalah program musik yang sekaligus ada edukasinya," katanya.

Selain Padi Reborn yang memandu jalannya acara, ada juga Sahila Hisyam sebagai co-host serta seorang komika yang siap me-roasting para personel maupun bintang tamu.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya