Telkom Pamerkan Design System Legion di DTP Expo 2 2022

Konsep Legion dimunculkan untuk mempercepat proses desain

Bandung, IDN Times - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai salah satu inisiator akselerasi digital di Indonesia terus memberikan inovasi dalam dunia digital.

Kini, melalui umbrella brand Leap-Telkom Digital (Leap), Telkom menghadirkan Design System Legion yang dirilis pada pameran produk dan layanan digital mereka, Digital Technology & Platform Business Expo 2022/DTP Expo #2 2022.

DTP Expo #2 tahun ini mengangkat tema "'Leveraging Influence of DTP Service for The Greater Impact". Kegiatan juga diisi sesi pembicara seperti proses dan tahap-tahap dalam pengembangan produk digital yang dijelaskan pada sesi "Product Development Phase" oleh Zakka Fauzan M, Chapter Leader Digital Product Management dengan didampingi Awalia Harfian sebagai Product Manager.

1. Menjadi standarisasi proses desain

Telkom Pamerkan Design System Legion di DTP Expo 2 2022IDN Times/Istimewa

Lead Design & Experience PT Telkom mengatakan Aris Bachtiar, Design System Legion adalah sebuah standarisasi terkait segala hal yang ada dalam desain seperti visual, suara, hingga tutur kata.

"DTP Expo adalah sebuah acara Telkom Group untuk etalase dan perkenalan support platform dan service operation dengan pemaparan use case dari sebuah pengembangan produk sebelum kemudian digunakan masyarakat umum," kata Aris dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (6/4/2022).

Menurut Aris, konsep Legion dimunculkan guna mempercepat proses desain serta mempermudah developer dan desainer mereplika desain secara lebih cepat dan konsisten. Sistem ini juga dapat bermanfaat untuk edukasi desainer baru maupun junior, sehingga cepat beradaptasi.

2. Design System Legion yang dirilis masih versi pertama

Telkom Pamerkan Design System Legion di DTP Expo 2 2022IDN Times/Istimewa

Deputy EVP Digital Technology & Platform Business Telkom Ery Punta, yang turut hadir di acara ini mengatakan, Design System Legion yang dirilis ini adalah versi pertama, ini adalah standar dunia yang kini harus dimiliki perusahaan digital.

Menurut alumni Sistem Informasi Telkom University 1992 ini, walaupun digelar internal, tujuan DTP Expo adalah agar semua Telkom Group termotivasi berinovasi saat memberikan layanan terbaik pada ekosistem digital Indonesia.

3. Mewujudkan akselerasi kedaulatan digitalisasi di Indonesia

Telkom Pamerkan Design System Legion di DTP Expo 2 2022pixabay

Hal ini pun sejalan program pemerintah, yang mana Telkom Indonesia melalui Leap diharapkan mendukung pertumbuhan ekosistem digital guna mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital Indonesia.

“DTP menjadi salah satu bentuk inisiasi Telkom Indonesia untuk menyiapkan operation, technology, dan platform agar dapat dimanfaatkan maksimal untuk membantu bekerja lebih cepat. Serta meningkatkan kapabilitas kami dalam memberikan produk terbaik untuk masyarakat,” tutup Ery.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya